Nokia X6, Saingi Popularitas Gayus Tambunan

Rabu, 31 Maret 2010


Nokia X6 kini sedang populer dan jadi perbincangan, sampai-sampai menyaingi popularitas Gayus Tambunan. Hanya bedanya, Gayus jadi incaran para penegak hukum, sedangkan Nokia X6 jadi incaran para penggemar gadget. Popularitas HP Nokia X6 disebabkan produk tersebut ditambahi label Comes With Music, artinya HP ini datang dengan membawa fasilitas yang belum pernah dilakukan oleh brand lain. Yakni, pengguna Nokia X6 bisa mendownload gratis 3 juta lagu.

Sayang, peluncurannya tidak dilakukan dengan mengundang MURI, karena kalau sekaligus diajukan sebagai  HP dengan lagu terbanyak, Nokia X6 bisa menjadi pemecah rekor dunia. Publisitas tersebut akan menjadi promosi gratis untuk lebih mengangkat popularitasnya. Salah satu yang patus dicatat, Nokia X6 juga cukup nasionalis. Soalnya, lebih dari 50 persen lagu-lagu tersebut adalah lagu Indonesia.

Sebelum kehadiran Seri X6 Comes With Music, HP yang secara khusus memprioritaskan kepentingan para penggemar musik sudah pernah diluncurkan Nokia. Yakni Nokia 5320 XpressMusic dan disusul lagi oleh Nokia 5220 XpressMusic. Saat itu perusahaan asal Finlandia ini berkolaborasi dengan Universal Music Group agar dapat memberikan lagu secara cuma-cuma, tapi hanya seratus lagu. Jumlah ini tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan 3 juta lagu gratis.

Kalau saat peluncurannya pada September 2009 kedua HP yang berlabel XpressMusic itu dibandrol dengan harga antara dua sampai tiga juta rupiah. Maka Nokia X6 dipatok dengan kisaran harga antara empat sampai empat setengah juta rupiah.
Maklum kalau lebih mahal, soalnya memang lebih canggih. Selain pengoperasiannya menggunakan keyboard qwerty dan touch screen, Nokia X6 juga dibekali memori internal 16 gb, tentunya memang dipersiapkan untuk menyimpan lagu.

Dibandingkan dengan memori milik Nokia 5320 XpressMusic, baik internal maupun eksternalnya bila dijumlahkan hanya sebesar 8 GB. Sedangkan memori internal Nokia 5220 XpressMusic sebesar 2 GB. Tapi kedua HP ini mendapat prioritas untuk bisa ikut mendownload 3 juta lagu gratis milik Nokia X6.

Nokia N97 3G, Artinya Transfer Data Lebih Cepat


Nokia N97 3G berarti mengacu pada pengertian bahwa sistem komunikasi mobile yang digunakan Nokia N97 adalah sistem 3G atau Third Generation yang merupakan perkembangan lanjut dari teknologi 2.5G. Sedangkan teknologi tersebut juga merupakan peningkatan dari teknologi 2G terutama dalam platform dasar GSM yang telah mengalami penyempurnaan, khususnya untuk aplikasi data. Untuk yang berbasis GSM teknologi 2.5G di implementasikan dalam GPRS (General Packet Radio Services) dan WiDEN, sedangkan yang berbasis CDMA diimplementasikan dalam CDMA2000 1x.

Third Generation digunakan untuk sistem komunikasi mobile yang membutuhkan dukungan lebih canggih. Karena dengan 3G dapat dilakukan akses ke multimedia dan mobile Internet kecepatan tinggi.
Digunakannya sistem ini pada Nokia N97, juga untuk versi mini maka pelayanannya pun dapat dilakukan dengan kapabilitas high-end,  termasuk dalam meningkatkan kapasitas, kualitas dan data rate. Selain itu juga dapat melakukan pemakaian serentak dari beberapa jasa pelayanan.

Sistem 3rd Generation juga menjembatani celah yang ada antara dunia wireless dan dunia computer/internet. Dalam bahasa yang populer, Intenational Telecomunication Union mendefisikan 3G (Third Generation) sebagai teknologi yang memiliki kinerja sebagai berikut :
   1. Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 144 kbps pada kecepatan user 100 km/jam.
   2. Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 384 kbps pada kecepatan berjalan kaki.
   3. Mempunyai kecepatan transfer data sebesar 2 Mbps pada untuk user diam (stasioner).

3 Juta Lagu Gratis Dari HP Nokia, Whih !

Selasa, 30 Maret 2010


3 juta lagu gratis dari HP Nokia ini dikemas dalam program Comes With Music yang dirilis bersamaan dengan HP terbaru Nokia X6. Bayangkan, Anda tidak mungkin bisa habis mendengarkan 3 juta lagu gratis dari Nokia itu selama setahun. Dan memang,  Nokia menerapkan aturan bahwa 3 juta lagu gratis itu dapat didownload untuk jangka waktu 12 bulan, untuk setiap HP Nokia X6.

Selanjutnya, pengguna masih bisa menyimpan lagu-lagu tersebut. Maklum, memorinya yang 16 GB memang bisa disetarakan dengan 12.000 lagu. Memang masih jauh dibawah jumlah 3 juta, tetapi jumlah itu sudah lebih dari cukup.
Meskipun gratis, Anda tidak bisa semena-mena menyebarkan lagu-lagu tersebut. Pasalnya, lagu-lagu itu memang terbatas untuk dinikmati para pengguna Nokia X6.

Agaknya Nokia X6 memang ingin memberikan nilai tambah secara khusus untuk mendongkrak penjualan sekaligus menggaet pasar penggemar musik, tanpa harus memojokkan para penjual CD. Pertimbangan tersebut membuat strategi ini cukup elegant untuk tetap memelihara ikatan emosional secara mesra dengan para pengguna Nokia di Indonesia, bahkan juga dari kalangan pengguna hand phone merk lain.

Program Comes With Music yang  memanjakan pengguna X6 dengan memberikan 3 juta lagu gratis ini merupakan satu lompatan kreatif untuk menohok secara telak para kompetitornya. Strategi tersebut memang harus dilakukan Nokia sebagai salah satu konsekwensi dalam mempertahankan dominasinya di pasar Indonesia.

Disamping itu, satu faktor yang harus selalu dijadikan pertimbangan mendasar adalah tuntutan masyarakat yang lebih cerdas setelah beradaptasi dan belajar dari  pasar global. Yakni harga produk yang terjangkau, kualitas yang tinggi dan pelayanan yang prima.

HP Nokia N97 Touch Screen, Hanya dengan Sentuhan

Kamis, 25 Maret 2010




HP Nokia N97 Touch Screen secara umum mencerminkan salah satu bentuk perubahan pada perangkat HP yang diterapkan oleh produsen. Hal ini dilakukan bukan sekedar memenuhi tuntutan pasar, tetapi juga menjadi salah satu faktor kompetisi yang harus bisa dijadikan Nokia N97 sebagai salah satu fitur seperti juga keyboardnya dengan pola qwerty dan gps.

Pada HP Nokia N97, selain metode input melalui layar sentuh dengan mekanisme geser samping dan keyboard Qwerty, pengoperasiannya masih ditambah dengan  tombol cover (tombol S60, tombol Menu, tombol Kirim/Akhiri),  Tombol navigasi 4-arah dengan tombol tengah untuk melakukan pilihan, serta tombol kamera dan tombol volume.

Layar sentuh atau touch screen, disebut juga dengan istilah touch panel atau touch screen panel adalah perangkat input komputer  yang bekerja dengan sentuhan pada tampilan layar atau screen menggunakan jari atau pena digital. Pengguna dapat mengoperasikan sistem komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang tampil di atas layar. Karena cara ini dinilai paling mudah untuk mengoperasikan komputer, maka semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

Awalnya layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi,  sensivitas terhadap sentuhan dan durabilitas yang sangat tinggi. Namun perangkat layar sentuh semakin lama semakin dapat ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara massal, misalnya pada lap top, pemutar musik seperti iPod Touch. Sebelum diterapkan pada produk Nokia N97, metode layar sentuh ini sudah terlebih dulu dipopulerkan untuk penggunaan HP oleh iPhone dan Blackberry Storm.

Apa Itu GPRS (General Packet Radio Service) ?

Selasa, 23 Maret 2010

General Packet Radio Service atau biasa disebut GPRS adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Sehingga sistem ini sangat efektif jika digunakan untuk mentransfer data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan browsing internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis telepon selular tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringan GPRS saat ini terpisah dari GSM.
 
Dalam mentransmisikan data, GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch yang membagi data menjadi bagian-bagian kecil, kemudian ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula. Dengan sistem ini dapat dtransmisikan jutaan packet per detik. Transmisi tersebut dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP backbone.
Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS lebih murah dibandingkan dengan biaya akses dengan teknologi CSD.
 
GPRS didesain untuk menyediakan layanan transfer packet data pada jaringan GSM dengan kecepatan yang lebih baik dari GSM. Kecepatan yang lebih baik ini didapat dengan menggunakan coding scheme (CS) yang berbeda dari GSM.
 
GPRS merupakan teknologi overlay yang disisipkan di atas jaringan GSM untuk menangani komunikasi data pada jaringan. Atau dengan menggunakan handset GPRS, komunikasi data tetap berlangsung di atas jaringan GSM dengan GSM masih menangani komunikasi suara dan transfer data ditangani oleh GPRS.
 
Pengembangan teknologi GPRS di atas GSM dapat dilakukan secara efektif tanpa menghilangkan infrastruktur lama, yaitu dengan penambahan beberapa hardware dan upgrade software baru pada terminal/station dan server GSM. Kecepatan transfer data GPRS dapat mencapai hingga 160 kbps.
 
Teknologi GPRS memiliki keunggulan, yaitu:
llways Online. GPRS menghilangkan mekanisme dial kepada pengguna pada saat ingin mengakses data, sehingga dikatakan GPRS selalu online karena transfer data dikirim berupa paket dan tidak bergantung pada waktu koneksi.
An Upgrade to existing networks (GSM dan TDMA). Adopsi sistem GPRS tidak perlu menghilangkan sistem lama karena GPRS dijalankan di atas infrastruktur yang telah ada.
An Integral part of EDGE and WCDMA. GPRS merupakan inti dari mekanisme pengiriman paket data untuk teknologi 3G selanjutnya.

HP Nokia N97 Mini, Awali Trend Versi Mungil


HP Nokia N 97 Mini yang hanya berbeda ukuran dengan HP Nokia N97 seolah memulai trend hand phone mungil, karena kalau tak direspon pasar secara positif tak mungkin disusul oleh merk-merk lain dengan versi yang sama. Buktinya, Pebruari lalu LG juga memodifikasi GD 880 dan merilis sebagai versi mininya.

Belum genap sebulan disusul lagi oleh Sonny Ericsson. Padahal perusahaan hand phone yang saat ini menduduki posisi teratas di pasar AS ini baru saja merilis Xperia Purenes dengan layar  monochrom 1,8 inchi dan tahan goresan. Hand phone ini benar-benar tampil beda karena terkesan lebih menitik beratkan pada karya seni ketimbang teknologi.

Walhasil, para penggemar gadget pun punya reaksi yang berbeda-beda. Sebagian menganggap harga Xperia Purenes  terlalu mahal dan tidak sebanding dengan fitur yang dimilikinya. Sementara sebagian lagi mengagumi penampilannya yang transparan dan jernih seperti air itu. Bahkan komentar mereka, Xperia mampu menimbulkan rasa tenang dan ketenteraman bagi pemakainya.

Entah karena reaksi pasar tidak seperti yang diharapkan, atau karena Pebruari lalu ketika LG Mini GD 880 diluncurkan mendapat respon baik dari para pengguna hand phone. Perusahaan patungan Swedia-Jepang itu tiba-tiba juga merilis hand phone yang ketebalannya menyaingi produk mini LG.

Beda dengan ponsel sejenisnya, sisi-sisi LG Mini GD 880 tidak didisain dengan bentuk lengkung, melainkan terkesan dibiarkan berbentuk seperti kotak. Memang hal ini menimbulkan perbedaan, LG GD 880 versi kecil ini terasa lebih menggigit telapak tangan ketika digenggam, sehingga rasanya sulit untuk jatuh.

Sementara di segi ukuran, Xperia X10 versi kecil memang lebih unggul karena bentuknya lebih mungil, bahkan juga jika dibandingkan dengan Nokia N97 Mini yang memulai trend HP mungil dan sekaligus terbilang  sebagai kompetitor berat di kelasnya.

Mampukah dengan strategi HP versi mungil itu Sonny Ericsson berkompetisi dengan Nokia N97 dalam mempertahankan merknya di pasar Indonesia seperti  saat ini menduduki posisi atas di pasar AS ?

HP Nokia Bakal Tanpa Charger

Minggu, 21 Maret 2010

HP Nokia Anda sering merepotkan karena batereinya harus dichas secara berkala agar tak kehabisan daya ? Apalagi jika kondisi baterei HP terhitung sudah tidak prima, rasanya harus lebih sering menchas HP, meski sebenarnya hanya sekali sehari.

Tapi hal itu tak berlangsung lama. Karena ada kabar gembira, sebentar lagi era HP pakai charger bakal lewat.

Pasalnya, teknologi pengisian baterei HP tanpa charger yang dikembangkan Nokia  sudah memungkinkan untuk diimplementasikan dalam produksi massal.

Nokia bahkan baru saja mematenkan hasil pengembangan teknologinya itu. Agar kelak tidak bisa diadopsi kompetitornya. Meskipun teknologi yang mirip, yaitu tanpa charger tapi menggunakan  energi dari cahaya sudah lebih dulu diimplementasikan oleh beberapa HP yang dirilis Indosat.

Prinsip teknologi tersebut adalah mengkonversikan gerakan-gerakan yang dilakukan pemilik HP menjadi tekanan bagi kristal piezoelektrik dalam baterai, sehingga  menciptakan arus listrik untuk mengisi ulang baterai.

HP tanpa charger memang menjadi berita yang menggembirakan buat Anda, tetapi memprihatinkan buat produsen, distributor sampai affiliat marketer asesories HP, terutama baterei dan charger.

HP Nokia N97 dan Fitur-fiturnya

HP Nokia N97 didisain agar mudah dioperasikan. Geser layar  sentuh ke samping kanan, lalu muncul keyboard QWERTY dan Anda akan merasa seperti sedang menggunakan netbook mini. Pada layar berukuran 3.5” dengan kemiringan 30 “ yang cukup lebar untuk ukuran sebuah HP itu sudah nampak berbagai ikon yang bisa Anda atur sendiri, sesuai seperti yang paling Anda sukai di internet.

HP Nokia N97 sebagai versi terbaru agaknya memang mengembangkan kemampuannya untuk menjadi perangkat internet mini. Karena di era reformasi seperti sekarang ini, semakin banyak informasi yang tidak cukup disampaikan hanya dengan melalui komunikasi. Tetapi membutuhkan piranti yang jauh lebih canggih, misalnya untuk mengirimkan informasi video atau berupa foto suatu peristiwa yang sedang terjadi di depan mata si pengirim informasi.

Sebaliknya, orang pun juga semakin enggan untuk memperoleh suatu informasi dengan cara menanyakan melalui komunikasi telepon. Dan HP Nokia N97menjawabnya melalui fasilitas e-mail dan browsing web dengan konektivitas berkecepatan tinggi berkat koneksi WLAN dan HSDPA.

Selain HP Nokia N97 dilengkapi fitur untuk download musik tak terbatas dengan “Comes with Music”, juga perangkat agar Anda tak sampai kesasar jika sedang menikmati musik di perjalanan, yaitu peta GPS yang menunjukkan posisi Anda saat itu. Disamping menjamin Anda tak bakal salah jalan, fitur ini juga bisa Anda gunakan untuk mencari jalan pintas yang lebih dekat.

Selebihnya adalah aplikasi Nokia N97 yang makin beragam dan nyaris tak terhitung banyaknya, terkumpul di Ovi Store. Sehingga kapan saja jika pengguna  memerlukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya dapat mengunduh dan menginstalnya dari situs tersebut.

Sebagai sebuah smartphone mutakhir, tentu saja HP Nokia N97 dengan spesifikasi mutakhir tidak hanya unggul pada disain fisik, seperti yang sering terlihat pada gambar nokia n97 di berbagai media, tetapi juga telah menyempurnakan fitur-fitur standarnya, yaitu kamera 5 megapiksel berlensa Carl Zeiss dengan kapasitas penyimpanan yang besar 32 GB  yang didukung flash led ganda jika obyek kekurangan cahaya.
Kamera dan kapasitas penyimpanan videonya pun sama, selebihnya menggunakan kabel TV-out hasil rekaman video bisa ditayangkan di layar TV.

Pilihlah HP atau Ponsel Sesuai Dengan Kebutuhan

Kamis, 18 Maret 2010

Meskipun fungsi utama HP bertujuan agar para pemakainya dapat melakukan komunikasi di setiap saat dan di mana pun berada, tetapi perkembangan teknologi telah membuat HP menjadi multi fungsi. Persaingan antar produsen membuat hampir semua produk memiliki fitur yang lengkap, seperti kamera digital, alat perekam, mp3 player, bluetooth, akses internet, sistem pelacak GPS dan lain-lain.
 
Pada puncak persaingan setiap produsen harus mampu meluncurkan HP dengan teknologi yang semakin canggih, tetap berukuran tipis dan kecil, sementara di sisi lain juga dituntut untuk menekan harga.
Akhirnya tuntutan untuk memberikan fitur yang lengkap dan canggih pada sebuah HP hanya akan meningkatkan biaya produksi, sedangkan tidak setiap konsumen menggunakan seluruh fitur tersebut. Solusinya, kini cenderung diproduksi beberapa versi yang disesuaikan dengan segmentasi pasar. Dengan strategi ini produsen bisa tetap menekan harga sambil tetap meningkatkan sentuhan teknologi pada produk mereka, meski akhirnya tidak setiap ponsel harus memiliki fitur yang lengkap.
 
Jika Anda seorang pengusaha misalnya, tentu Anda akan lebih mementingkan kualitas komunikasi dan daya tahan baterei. Dibandingkan misalnya Anda seorang remaja yang tentu lebih mementingkan fungsi MP3 dan kamera digital. Tetapi jika pekerjaan Anda memerlukan banyak informasi, mungkin Anda harus mempertimbangkan fungsi dan kecepatan akses internet.
 
Dengan banyaknya merek dan versi HP yang hampir setiap bulan diluncurkan ke pasar. Tentu saja dengan disain dan strategi marketing yang paling mutakhir. Akibatnya apabila konsumen tidak bisa membedakan fitur-fitur yang menjadi prioritas mereka, maka juga tidak akan bisa memanfaatkan pemakaian HP dengan secara optimal, baik di segi fungsi maupun finansial.
 
Jika Anda hendak mengganti HP Anda dengan yang baru, jangan terpikat dengan disain dan banyaknya fitur yang ditawarkan. Tetapi bersikaplah rasional dengan menempatkan diri Anda dalam segmentasi yang sesuai. Dengan demikian Anda akan dapat membeli HP secara tepat sesuai dengan kebutuhan dan dukungan yang Anda perlukan.
 
Ketatnya persaingan dalam pasar telekomunikasi selular telah mengakibatkan masing-masing kompetitor memasarkan produk mereka dengan strategi yang canggih sehingga bisa membuat Anda lupa terhadap apa yang sesungguhnya Anda perlukan dari sebuah HP. Karena itu tetaplah bersikap rasional dengan membedakan dan mempertimbangkan apa saja fitur yang Anda perlukan selain sebagai alat komunikasi.
 
Sedikit fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda tetapi dengan penerapan teknologi yang lebih canggih, akan sangat bermanfaat dibandingkan dengan sebuah HP yang memiliki fitur lengkap, tetapi sebagaian besar tidak pernah Anda gunakan.
 

HP Nokia Terbaru 2010 Beserta Harganya

HP Nokia terbaru 2010 beserta harganya yang mendekati kisaran Rp. 5 Juta masih dinilai layak oleh para penggemar gadget, karena Nokia N97 mampu memberikan lebih banyak kenyamanan melalui Ovi Store-nya.
Tetapi dengan situasi pasar selular yang selalu dinamis, harga setiap merk dan setiap versi juga bisa berubah-ubah. Sebagai catatan dapat dibandingkan dengan perkembangan Harga Nokia N97 akhir Juni 2010.

Tetapi ternyata definisi sebagai “HP Nokia Terbaru” itu tidak hanya terbatas pada Nokia N97. “Saudara kembarnya” yang lebih mungil, Nokia N97 Mini juga masuk dalam kategori tersebut. Dipatok dengan kisaran harga Rp. 4.800.000,- yang nyaris tak berbeda dengan Nokia N97 menjadikannya sebagai pilihan terbaru 2010 yang sulit diabaikan.

Popularitas HP Nokia N97 justru makin melonjak ketika HP Sony Ericsson juga merilis Xperia versi Mini menyusul LG Mini GD 880 yang lebih dulu masuk dan mendapat respon pasar cukup lumayan. Versi mini yang seolah ingin mengubah trend pasar itu mengingatkan kembali peristiwa pada awal tahun 2007, saat trend pasar selular dunia berubah dengan dirilisnya Motorazr V3 oleh Motorola. Seluruh versi Razr yang konsisten untuk mempertahankan ketebalannya tak lebih dari 1 Cm itu sempat mendominasi pasar selular dunia.

Baik Nokia, Sony Ericsson maupun LG merupakan empat pemain teratas di pasar selular AS. Sengitnya kompetisi dalam satu versi yang sama sangat mungkin bisa “memaksa” selera konsumen untuk “berbelok” mengkonsumsi HP versi mungil. Tetapi HP Nokia dengan seluruh versinya memiliki sejarah cukup panjang di pasar Indonesia, lebih unggul dalam hal ikatan emosional dengan konsumen.

Untuk selangkah lebih di atas kompetitornya, HP Nokia N97 hanya perlu sedikit memodifikasi Ovi Storenya sehingga lebih apresiatif dengan kultur yang sedang berkembang di masyarakat Indonesia.

Penjualan Saham Fren Dihentikan Sementara

Penjualan saham PT Mobile-8 Telecom Tbk yang produknya di pasar selular dikenal dengan merk Fren, sejak tanggal 15 Maret dihentikan untuk sementara.
 
Penghentian penjualan saham sampai batas waktu yang belum ditentukan itu dilakukan berdasarkan  surat yang diterima dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia tertanggal 12 Maret 2010. Isi surat tersebut menyatakan bahwa perusahaan telekomunikasi yang mengusung merek Fren ini belum membayar bunga obligasi ke-12 serta bunga dan denda ke-9 Obligasi I Mobile-8 Telecom tahun 2007.
 
Terkait dengan masalah tersebut, seperti dikutip dari Berita Ponsel,  Pejabat Sementara Kepala Divisi Perdagangan Saham BEI Andre PJ. Toelle meminta semua pihak yang berkepentingan memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh pihak Fren.

HP Nokia Terbaru 2010

Selasa, 16 Maret 2010

HP Nokia Terbaru 2010 yang akan dikenal dalam pasar selular Indonesia dan diperkirakan akan mampu bertahan sampai pertengahan kuartal kedua adalah Nokia N97. Bukan hanya karena HP Nokia N97 ini dibekali dengan teknologi mutakhir, tapi penggunanya akan merasa lebih dimanjakan dengan penyediaan layanan Ovi Store.

Berbagai widget yang disediakan untuk personalisasi HP Anda akan membuat themes yang ada selama ini jadi terbengkelai.
Keunggulan yang tidak bisa diberikan HP terdahulu adalah jika Anda browsing dengan Nokia N97. Bukan karena kecepatan berkat koneksi WLAN dan HSDPA. Tetapi pilihan berbagai widged untuk mengakses konten yang sering dibutuhkan pengguna bisa memberi kenyamanan ekstra.

Pengguna Nokia N97 bisa memilih dan memasang widget yang hanya diperlukan serta menyingkirkan widget-widget lain. Dengan demikian, setiap pengguna N97 akan secara otomatis mempersonalisasi HP masing-masing.
Kenyamanan baru ini akan membuat pengguna N97 merasa enggan berpindah ke versi lain. Kecuali jika memperoleh kenyamanan yang lebih.

Dengan model layar geser samping dan berdimensi 117.2 x 55.3 x 15.9 mm, HP Nokia N97 yang dioperasikan melalui keyboard Qwerty dan layar sentuh, akan membuat pengguna yang terbiasa browsing merasakan menggunakan lap top mini.
Sehingga kalau dibandingkan dengan harga Nokia versi lain Nokia N97 dipatok di kisaran Rp. 4,7 Juta dapat dibilang cukup layak.

Smartphone, Dari Basis Berbeda ke Muara yang Sama

Meskipun secara fisik bentuk antara smartphone dan PDA memiliki kemiripan, tetapi sebenarnya terdapat perbedaan yang mendasar, sehingga sampai tahap akhir perkembangannya orang sulit untuk membedakan keduanya dan sulit pula menentukan prioritas mana yang harus dibeli agar fungsinya sesuai dengan kebutuhannya. Smartphone adalah tahap mutakhir dari penerapan teknologi komunikasi melalui telepon genggam yang idenya ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1843. Michael pada saat itu menemukan bahwa daya listrik dapat dikendalikan dalam suatu ruangan. Beberapa ilmuwan kemudian melakukan penelitian dan percobaan sampai pada tahun 1865, Dr. Mahlon Loomis berhasil melakukan komunikasi untuk yang pertama kali tanpa menggunakan kabel.

Proyek telepon genggam pertama dilaksanakan tahun 1973 oleh Motorolla yang dipimpin Martin Copper. Dengan bertambah canggihnya teknologi komunikasi yang setiap tahun diterapkan dalam produk telepon genggam, maka istilah telepon genggam berubah menjadi telepon cerdas (smart phone). Bahkan pada perkembangan untuk mengatasi masalah lokasi, telepon pun menggunakan jasa satelit yang diistilahkan sebagai satphone.

Kecanggihan smartphone sebagai alat komunikasi tidak bisa dipisahkan dengan penerapan perkembangan teknologi yang diterapkan oleh perusahaan jaringan penyedia jasa telekomunikasi. Kini telepon genggam yang memasuki generasi ketiga tidak hanya mampu untuk melakukan akses data secara cepat, tetapi juga dapat digunakan untuk menyaksikan video, televisi dan dilengkapi berbagai fasilitas yang dimiliki komputer.
“Kecerdasan” smartphone hanya akan berfungsi jika terhubung dengan sebuah perusahaan jasa penyedia jaringan telekomunikasi.

Jika fungsi utama Smartphone adalah sebagai alat komunikasi, maka PDA (Personal Digital Assistant) merupakan perkembangan dari sebuah alat yang semula diciptakan sebagai pocket PC (Personal Computer) agar data-data yang diperlukan oleh pemiliknya dapat diakses di mana dan kapan saja dia berada. Karena itu sebagai organisator elektronik, PDA memiliki fungsi standar yang digunakan menyimpan alamat, kalender, e-mail dan berbagai macam catatan. 

Pada prinsipnya PDA merupakan PC dalam bentuk mini yang bisa diprogram dengan bahasa pemrograman komputer. PDA juga dapat digunakan untuk mengakses internet melalui WiFi, dan jika perlu pengoperasiannya dapat dilakukan dengan menghubungkan sebuah kabel ke keyboard.

Berbeda dengan smartphone, fungsi PDA sebagai miniatur komputer tidak tergantung kepada penyedia jasa layanan tertentu. Dengan berkembangnya tuntutan kebutuhan masyarakat, akhirnya pada PDA ditambahkan fasilitas untuk berkomunikasi, sehingga untuk fungsi tersebut PDA juga tergantung kepada perusahaan jasa penyedia jaringan telekomunikasi.

Perbedaan mendasar antara smartphone dengan PDA adalah Smartphone pada awalnya diciptakan untuk alat komunikasi, tetapi pada tahap akhir perkembangannya diaplikasikan dengan sistem pengoperasian komputer.
Sebaliknya, PDA pada awalnya diciptakan sebagai miniatur komputer, tetapi pada tahap akhir diaplikasikan dengan sistem komunikasi. Kini keduanya nyaris tidak lagi memiliki perbedaan, alias sama-sama cerdasnya.

HP Nokia Terbaru 2010 dan Harganya

Senin, 15 Maret 2010


Nokia terbaru dari Harga paling mahal hingga yang paling murah. Beraneka versi dan merk HP yang menerobos pasar selular di Indonesia, kebanyakan mengandalkan fitur- fitur baru yang canggih. Karena itu, harganya pun dibandrol cukup lumayan.  Tetapi tidak semua pengguna HP memerlukan fitur-fitur canggih. Sebagian besar pengguna HP di Indonesia memerlukan HP agar setiap saat dapat melakukan komunikasi. Terkait dengan segmentasi berdasarkan kemampuan kocek pengguna, berikut daftar kisaran harga dari 20 versi HP Nokia, dari yang paling baru dan mahal sampai yang paling murah

Harga diatas Rp. 4 Juta : Nokia N97 Rp.  4,975,000,-
Nokia N97 mini  Rp. 4,800,000,-
Nokia N86 MP   Rp.4,165,000,-
Harga diatas Rp. 3 Juta : Nokia E75   Rp.3,045,000,-
Harga diatas Rp. 2 Juta : Nokia E71   Rp. 2,900,000
Nokia 5800 XpressMusic Rp.2,850,000,-
Nokia E52  Rp. 2,645,000,- Nokia 6600i  Rp. 2,345,000,-
Nokia 6700 classic  Rp. 2,140,000,-
Nokia 5530 XpressMusic Rp. 2,025,000,-
Harga diatas Rp. 1 Juta :  Nokia 5630 XpressMusic Rp.1,990,000,-
Nokia E63  Rp.1,850,000,- Nokia 6303 classic Rp.1,200,000,-
Harga dibawah Rp. 1 Juta : Nokia 5130XpressMusic Rp.980,000,-
Nokia CDMA 2608 Rp. 865,000,-
Nokia 2700 classic Rp.845,000,- Nokia 2330 classic Rp.40,000,-
Nokia 2323 classic  Rp.430,000,- Nokia 5030 Rp.395,000,-
Nokia 1661  Rp. 360,000,-

Indosat Segera Luncurkan HP yang Tak Perlu Dichas

Sabtu, 13 Maret 2010

Meski HP bertenaga surya yang bakal dipopulerkan dengan sebutan Life Forever ini sudah pernah dipamerkan Indosat pada Indonesia Cellular Show tahun lalu. Tapi baru akan dirilis dalam waktu dekat ini. Mungkin karena dikhawatirkan musim hujan yang terus molor akan mengurangi intensitas cahaya sinar matahari. Sehingga fungsi panel solar HP ini tidak bisa optimal, yang tentu saja bisa berdampak pada citra HP yang diklaim bisa hidup selamanya tanpa perlu dicas, asal dari pagi hingga sore sering digunakan di luar ruangan.

HP yang menyerap sinar matahari sebagai sumber utama energinya ini cocok dipakai di wilayah tropis yang belum terjangkau jaringan listrik PLN.

Secara standar untuk mengisi batere sampai penuh, Life Forever memerlukan waktu 2 jam. Indikator energinya ditampilkan dalam bentuk empat bar. Setiap pengisian satu bar diperlukan waktu setengah jam.

Meski demikian, agar bisa tetap digunakan Life Forever tidak perlu “dijemur” sampai dua jam di bawah terik matahari. Asal sering di pakai di luar, hanya dengan kemiringan 60 derajat HP hemat energi ini masih mampu  mengumpulkan energi dari sinar matahari.

Diperkirakan untuk pasar di wilayah yang belum banyak terdapat jaringan listrik dari PLN, HP yang dipatok dengan harga per unit di bawah Rp. 500 ribu masih akan mendapat respon positif. Kecuali jika di saat yang sama dipasarkan pula charger bertenaga surya yang bisa digunakan untuk pengisian daya berbagai merk ponsel. Karena dengan charger ini konsumen yang berada di wilayah miskin jaringan listrik bisa bebas memilih beragam versi HP yang disukai.

Life Forever bisa memperluas target pasarnya di kalangan masyarakat perkotaan jika dipromosikan dengan membonceng isu hemat energi. Apalagi di saat peluncurannya sedang ramai diperbincangkan rencana PLN untuk menaikkan tarif daftar listrik.

Apa yang Anda Ketahui Tentang Bentuk Komunikasi ?

Misalnya Anda menerima informasi dari seseorang yang dikatakannya di hadapan Anda, maka informasi itu Anda peroleh melalui komunikasi langsung.
Jika ada komunikasi langsung yang dilakukan dengan berhadap-hadapan dalam jarak dekat, tentunya juga ada komunikasi tidak langsung karena dilakukan dalam jarak jauh.
Nah, cara untuk melakukan komunikasi dalam jarak jauh inilah yang disebut sebagai Telekomunikasi.

Selanjutnya berdasarkan teknologi telekomunikasi yang digunakan, maka sebuah informasi dapat disampaikan atau diterima melalui tiga bentuk komunikasi.
1. Komunikasi Satu Arah atau Simplex. Disini Anda hanya menjadi penerima informasi tanpa bisa melakukan komunikasi untuk membantah, minta penjelasan ulang atau menanyakan hal-hal yang lebih detil melalui media yang sama. Karena media yang digunakan untuk komunikasi satu arah ini adalah televisi, radio atau radio pager.

2. Komunikasi Dua Arah atau Duplex. Dalam komunikasi ini Anda tidak saja menerima informasi, tetapi juga menyampaikan informasi bahkan beradu argumentasi seperti layaknya Anda sedang berhadap-hadapan dengan lawan bicara Anda. Tentu saja, karena media untuk melakukan komunikasi dua arah ini adalah telepon, entah telepon kabel atau telepon nirkabel. Dan tidak peduli apakah Anda menggunakan jaringan kabel konvensional, gelombang radio, atau melalui perantara satelit

3. Komunikasi Semi Dua Arah atau Half Duplex. Mirip dengan komunikasi dua arah, tapi untuk bisa saling berbicara Anda harus melakukannya secara bergantian. Soalnya media yang digunakan untuk komunikasi semi dua Arah ini adalah Walky Talky, Chat Room atau Facsimile. Di jaman dulu mungkin bisa ditambahkan dengan telegraph atau telautograph.

Dalam proses komunikasi jarak jauh ini, setiap informasi yang akan dikirimkan dirubah dulu menjadi sinyal listrik, dan ada dua cara untuk merubah informasi tersebut. Pertama, dirubah menjadi sinyal analog yang berbentuk gelombang listrik yang mengalir terus menerus, kemudian dikirim oleh media transmisi. Kedua, setelah informasi dirubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal digital. Baru setelah itu dikirimkan oleh media transmisi.

Perbedaannya, sinyal analog merupakan gelombang yang terpancar secara terus menerus selama informasi itu dikirimkan. Sedangkan sinyal digital akan mengubah dulu sinyal analog tersebut menjadi sinyal terputus-putus yang dikodekan dalam sinyal ”0” dan  “1”, baru setelah itu dikirimkan oleh media transmisi.

Dalam proses selanjutnya, pengiriman informasi yang menggunakan sinyal analog rawan terkena gangguan, sehingga akurasi informasi yang dikirimkan bisa menurun. Sedangkan sinyal digital lebih mampu menghadapi gangguan. Informasi yang diterima memiliki kualitas yang sama seperti saat dikirimkan.

HP Pintar, Mampu Membaca Gerakan Bibir

Reaksi para pengguna ponsel di Jerman ketika menerima panggilan telepon di saat sedang bercakap-cakap atau berada dalam kerumunan orang, ternyata tak berbeda dengan pengguna ponsel di Indonesia .Yaitu menjauhkan diri dulu, agar percakapannya dengan lawan bicara tidak terdengar, selain itu juga untuk menghindari agar pembicaraan melalui ponselnya tidak mengganggu mereka.

Mungkin karena itulah, maka Profesor Tanja Shultz dari Karlsruhe Institute of Technology terdorong untuk mengembangkan ponsel yang mampu membaca gerakan bibir. Nantinya dengan menggunakan ponsel ini Anda tidak perlu bicara berteriak-teriak saat menelepon. Atau harus menjauhkan diri dulu agar di ujung sana penerimaan suara Anda tetap terdengar dengan jelas. Anda juga tidak perlu khawatir orang-orang di sekitar Anda mendengar apa yang Anda bicarakan ketika menerima telepon.

Ponsel pintar jenis baru ini nampaknya dalam waktu dekat akan bisa diproduksi massal. Soalnya, menurut Harian Telegraph terbitan tanggal 9 Maret 2010, tim Profesor Tanja sudah berani mengikutsertakan ponsel tersebut dalam pameran CeBIT, yaitu pameran teknologi yang diadakan di Jerman setiap tahun dan untuk tahun ini baru saja diselenggarakan di Berlin.

Alexander Graham Bell Bukan Penemu Telepon yang Pertama

Rabu, 10 Maret 2010

 Antonio Meucci dan The Monument of Antonio Meucci di  Gravesend, Brooklyn.

Sebuah versi awal alat berkomunikasi melalui kabel sudah didemonstrasikan Antonio Meucci untuk yang pertama kalinya di Staten Island, New York pada 1854, duapuluhdua tahun lebih awal sebelum publik mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon.

Penemuan Antonio Meucci yang disebutnya sebagai “telegrafo parlante” atau teletrofono tersebut pada tahun 1860 sudah dipublikasikan oleh L’Eco d “Italia”, sebuah koran berbahasa Italia yang terbit di New York. Inilah kutipannya : Meucci invented a paired electro-magnetic transmitter and receiver, where the motion of a diaphragm modulated a signal in a coil by moving an electromagnet. This resulted in a good fidelity, but a very weak signal.

Karena kondisi perekonomiannya yang sulit, maka pada tahun 1971 Antonio Meucci mendaftarkan hasil penemuannya itu ke Kantor Paten dengan pendaftaran sementara. Pendaftaran ini hanya berlaku untuk setahun dan harus selalu diperpanjang setiap tahun. Apabila tidak dibayar untuk tahun berikutnya, dia akan kehilangan hak paten atas penemuan telepon tersebut.

Akibat kemiskinan yang terus menimpanya, akhirnya setelah tahun 1874 Meucci tidak mampu lagi untuk membayar pembaruan hak patennya, meskipun di saat itu biayanya hanya sebesar $ 10.Disamping itu Meucci juga berusaha untuk menawarkan penemuan telepon “telegrafo parlante” ke Perusahaan Telegraf Western Union. 

Tetapi setiap kali Meucci minta waktu mendemonstrasikan hasil penemuannya, Wakil Pemimpin Perusahaan, Edward B.Grant, selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Karena terus menerus ditolak, akhirnya Meucci meminta kembali semua materi penemuan telepon yang dulu ditawarkan ke perusahaan itu. Anehnya, perusahaan tersebut tidak dapat mengembalikan, alasannya telah hilang.

Tahun 1876 nama Alexander Graham Bell muncul sebagai pemegang hak paten atas penemuan telepon. Tentu saja berdasarkan pengalamannya dengan pihak Kantor Paten, Meucci mengajukan keberatan. Tetapi dalam kasus tersebut Meucci kalah di sidang pengadilan. Di kemudian hari ternyata diketahui bahwa sebelumnya memang terdapat kesepakatan antara Graham Bell dengan pihak Western Union, Bell bersedia memberikan 20 persen keuntungan komersial dari penemuan telepon itu selama 17 tahun.

Kecuali penemuan telephonenya, Antonio Meucci mendapat 14 hak paten atas penemuannya yang lain.
Dalam kurun waktu lebih satu abad nama Alexander Graham Bell dikenal di seluruh dunia sebagai penemu telepon yang pertama. Sampai akhirnya pada tanggal 11 Juni 2002, The United States House of Representatives menetapkan bahwa penemuan telepon yang pertama sesungguhnya dilakukan oleh Antonio Meucci, Ilmuwan asal Italia yang karena tidak mampu membayar perpanjangan hak paten sebesar $ 10, maka hak paten tersebut diberikan kepada Alexander Graham Bell.

Tetapi penetapan resmi terhadap Antonio Meucci atas penemuan telepon pertama yang berhasil dilakukannya itu tak akan pernah diketahui Meucci, penemu dan juga pejuang (3) kemerdekaan bagi negeri asalnya, Italia ini telah meninggal lebih dari satu abad yang lalu, 18 Oktober 1898. (dt)

Nyalakan Korek Api di Layar Ponsel

Anda suka bersantai di diskotik, pub atau tempat-tempat sejenis yang menjual suasana  remang-remang bahkan cenderung gelap ? Cara yang paling umum dipakai untuk  memanggil waiters adalah dengan menyalakan korek api. Begitu pula dalam pagelaran  konser di hall yang tertutup, penonton biasa mengapresiasi  dengan cara menyalakan korek api, kemudian mengayun-ayunkannya di atas kepala.

Kini untuk melakukan hal seperti itu tidak diperlukan korek api, apalagi Anda bukan perokok. BIC,  sebuah produsen alat-alat tulis dan korek api terkenal  di AS mengaplikasikan nyala korek  apinya itu di atas layar ponsel. Meskipun tidak harus menjual produk korek apinya, BIC  baru saja menjual cahaya apinya saja melalui ponsel Apple iPhone, Apple iPod touch,  Google Android (TM) perangkat, dan BlackBerry Storm (TM).

Kini untuk memanggil waiters di keremangan diskotik, Anda hanya perlu mengangkat  ponsel. Di layarnya akan muncul nyala api yang bergoyang-goyang seperti tertiup angin,  persis korek api. (bicwordusa)

BlackBerry Berhadiah Rp. 1 Miliar

RIM ternyata juga membutuhkan promosi untuk ponsel BlackBerry. Meskipun tidak ditujukan untuk Indonesia yang punya pasar BlackBerry cukup laris, tapi konsumen Indonesia juga berpeluang untuk mengikuti promosi itu karena dilakukan secara internasional.

Program promosi "Jadilah Miliarder BlackBerry“ memang bisa membuat konsumennya jadi miliarder. Karena memang berhadiah Rp. 1 miliar. Caranya, konsumen harus membeli BlackBerry baru yang bergaransi resmi di distributor yang sudah ditunjuk, selama program ini berlangsung dari 1 Maret sampai 10 April 2010.

Kemudian pembeli BlackBerry bisa mendaftarkan nomor PIN dan IMEI ke www.blackberry.com/id/billionaire. Atau bisa juga daftar melalui HaPe, ke http://m.blackberry.com/billionaire. Nantinya, pemenang uang tunai Rp. 1 miliar (masih belum dipotong pajak) akan diumumkan pada 5 Mei 2010.

Disamping berpeluang menjadi miliarder, pembeli juga mendapat hadiah langsung berupa jaket, screen wipe, dan sarung ponsel; dengan menunjukkan bukti pembelian di booth yang ada di beberapa mal. Tapi persediaannya terbatas.

Media Transmisi Terdiri Dari Berapa Macam Kabel ?

Selasa, 09 Maret 2010


Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam jaringan, semua media yang dapat menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau cahaya dapat dipakai sebagai media, baik untuk pengiriman dan penerimaan data.

Tiga media transmisi yang digunakan adalah Copper media (media tembaga) atau biasa disebut kabel, kemudian Optical media (media optik), dan yang terakhir adalah Wireless media (tanpa kabel).
Setiap jenis media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, pemakaian media transmisi yang efektif harus didasarkan pada pertimbangan kondisi dan tingkat kebutuhan.

Copper media adalah media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga atau yang biasa disebut kabel. Data yang dikirim melalui kabel adalah sinyal-sinyal listrik (tegangan atau arus) digital. Secara umum penggunaan kabel sebagai media transmisi lebih menguntungkan karena murah dan jarak jangkauannya cukup jauh. Kekurangannya adalah sulit pada saat instalasi.

Optik media adalah media transmisi data yang terbuat dari serat kaca dalam ukuran mikron atau yang biasa disebut fiber optic. Sebagai media transmisi memiliki kemampuan yang baik dalam mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dalam jarak transmisi yang cukup jauh serta memiliki kecepatan transmisi yang tinggi dengan tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah. Kekurangannya adalah diperlukan biaya yang tinggi karena harganya cukup mahal serta sumber daya manusia yang bisa diandalkan untuk pemasangannya.

Wireless atau disebut jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Data-data dalam bentuk sinyal analog dirubah menjadi sinyal digital kemudian dimodulasikan dalam gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz.
Kelebihannya adalah lebih praktis dan dapat dipergunakan untuk komunikasi data dalam jarak jauh. Sedangkan kekurangannya terletak pada biaya pemeliharaannya yang mahal serta pengaruh inteferensinya yang cukup besar.

Setiap media transmisi memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, dengan pemilihan yang didasarkan pada faktor-faktor tingkat kebutuhan, tingkat penguasaan teknologi serta memperhatikan kondisi lingkungan yang sesuai dengan pemakaian media transmisi tersebut, maka kekurangan-kekurangan tersebut dapat diperkecil.

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel