Nokia N Series, Apa Maksudnya ?

Sabtu, 17 April 2010


Nokia N Series adalah kode pengelompokan untuk produk dengan penerapan aplikasi teknologi selular mutakhir yang dilakukan oleh Nokia. Jadi, Nokia N 96, Nokia N 97 atau Nokia N 97 Mini adalah merupakan sebagian HP N Series yang diproduksi Nokia dengan kategori tersebut.

Tidak hanya Nokia, beberapa produsen HP juga menerapkan kategori serupa itu terhadap produk mereka. Hal ini dilakukan karena pertimbangan tuntutan penerapan teknologi yang semakin canggih. Ironisnya, di sisi lain tidak semua pengguna memerlukan seluruh fitur yang canggih tersebut.

Awalnya, untuk menyandang predikat sebagai smartphone, sebuah HP harus mampu memuat semua fitur sekaligus. Saat itu  fitur-fitur tersebut memang masih sangat sederhana, misalnya kalkulator, pemutar musik atau sekedar kamera berkapasitas rendah.

Dengan perkembangan teknologi, sebuah smartphone mampu digunakan untuk berkomunikasi di berbagai jaringan, berfungsi sebagai kamera dan mengirim gambar-gambar video sekaligus. Sementara pada sebuah smartphone yang sama juga harus mampu memuat ribuan lagu, kalau perlu dilengkapi dengan fungsi mixer dan aransemen. Pada HP yang sama itu pula harus terdapat kalkulator yang dilengkapi dengan perhitungan akuntansi standar.

Paling tidak, untuk ukuran smartphone sekarang ini adalah menggunakan keyboard qwerty, touch screen serta memiliki memori internal yang cukup besar.

Kedengarannya memang menjadi smartphone yang benar-benar smart. Tapi sekaligus menjadi HP yang sia-sia, karena di sisi produsen akan menimbulkan biaya sangat tinggi yang pada akhirnya membuat sebuah harga smartphone menjadi sangat mahal. Padahal penggunanya mungkin hanya memerlukan HP yang bisa digunakan berkomunikasi dengan jelas di berbagai jaringan. Sementara pengguna lainnya tak memerlukan fitur kalkulator yang canggih, karena penggemar musik yang menginginkan bisa mengoleksi lagu-lagu kesayangannya, yang nota bene tak lebih dari 50 lagu.

Solusinya adalah mengelompokkan HP sesuai dengan kebutuhan penggunanya.Produsen dapat menekan harga, sedangkan pengguna dapat memperoleh fitur-fitur canggih yang diperlukan. Dan yang penting, HP dengan harga terjangkau, apalagi murah ditambah fitur canggih pasti laku keras.

Walhasil kalau Nokia N Series merupakan kelompok HP dengan teknologi mutakhir, maka C Series adalah kelompok HP dengan fungsi terbatas pada kemampuan yang paling inti. Disamping itu ada E Series, HP Nokia yang dikhususkan mengembangkan teknologi aplikasi selular untuk kepentingan produktivitas dan para pelaku bisnis. Sementara yang paling populer untuk kalangan remaja adalah HP Nokia dari X Series yang mengimplementasikan teknologi mutakhir untuk mendukung interaksi sosial dan entertainment. Salah satu contoh populer adalah Nokia X6 yang dipromosikan dengan kemampuan mendownload 3 juta lagu.


Nokia N96 N97, Seberapa Banyak Perbedaannya ?


Nokia N96 N97 bukan sebutan untuk model HP Nokia yang baru, tapi menyiratkan perbandingan antara Nokia N96 dengan Nokia N97. Maksudnya tidak lain adalah untuk mengetahui apa keunggulan N97 dibandingkan dengan “saudara tua”nya, yang boleh saja disebut begitu, soalnya Nokia N96 lebih dulu muncul di pasar selular. 

Sementara Nokia N97 yang muncul belakangan ternyata lebih populer. Meskipun sebenarnya popularitas itu akibat gencarnya promosi yang dilakukan produsen untuk mengangkat saudara kembarnya yang lebih kecil, tapi bukan kurang gizi : Nokia N97 Mini. Popularitas Nokia N97 bahkan mengundang kehadiran "saudara kembarnya", yakni Nokia N97 China yang sebenarnya tak lebih dari produk palsu.

Perbedaan yang menentukan keunggulan antara Nokia N96 dan Nokia N97, boleh dikatakan kurang signifikan jika disebut sebagai implementasi dari suatu inovasi teknologi. Melainkan Nokia N97 lebih cenderung merupakan modifikasi dari pendahulunya.
Nokia N97 memang memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan Nokia N96. Tapi lihat dimensinya, Nokia N97 lebih panjang bahkan bobotnya pun lebih berat 25 gram dibandingkan dengan Nokia N96.

Dengan perbedaan ukurannya itu, bukan suatu kelebihan kalau kemudian Nokia N97 memiliki layar 3,5 inch dengan resolusi 640 x 360 piksel. Ukuran ini lebih besar dibandingkan dengan layar Nokia N96 yang berukuran 2.8 inch dengan resolusi di 240 x 320 piksel. Keduanya menggunakan layar TFT dengan 16 juta warna.

Kelebihan lain yang dimiliki Nokia N97 adalah kapasitas memori internalnya yang lebih besar, yakni 32 Gb dibandingkan memori Nokia N96 yang 16 Gb. Keduanya merupakan HP Quad Band yang mampu beroperasi pada jaringan GSM 850/900/1800/1900 band. Sementara kelebihan Nokia N97 masih ditambah dengan kemampuannya untuk beroperasi di jaringan WCDMA 900 / 1900 / 2100 band.

“Kelebihan” Nokia N97 lainnya dibandingkan dengan N96 tentu sudah diketahui. Ukurannya lebih besar dan bobotnya pun lebih berat.

HP Nokia N97, Alat Komunikasi di Masa Depan

Rabu, 14 April 2010


HP Nokia N97 adalah produk mutakhir yang mengimplementasikan pengembangan aplikasi teknologi selular saat ini. Spesifikasinya memang dirancang menghadapi para kompetitor di kelasnya
Detail HP Nokia N97 buatan perusahaan asal Finlandia itu, selain mencerminkan tingkat perkembangan aplikasi teknologi selular, juga menunjukkan  rata-rata tingkat kemampuan teknologi yang diterapkan oleh para kompetitornya. Karena kinerja produsen hand phone secara umum dapat diukur dari cara mereka menerapkan berbagai aplikasi teknologi yang dilakukan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan dan sekaligus memberkan kemudahan bagi konsumen.

Teknik pengoperasian HP Nokia N97 menggunakan layar sentuh atau touchscreen 3.5 inch merupakan tuntutan yang kini berlaku di pasar HP. Tuntutan konsumen yang lebih menyukai penulisan pesan sesuai kebiasaan mengetik di atas keyboard komputer, juga terpenuhi oleh HP Nokia N97 dengan menggunakan keyboard Qwerty.

Dipersiapkan untuk mampu melayani seluruh kepentingan penggunanya, HP Nokia N97 dibekali memory on-board 32Gb, kemampuannya itu bahkan masih bisa ditingkatkan melalui penambahan eksternal dengan microSD card sampai 16 Gb. Sehingga total memorynya mencapai 48 Gb.

Koneksi 3G HSDPA dengan kecepatan 7.2Mb/s dan Wi-Fi yang digunakan untuk mendukung Ovi Store, mengindikasikan  kecenderungan konsumen dalam melakukan komunikasi tidak hanya terbatas melalui hand phone, tetapi juga email dan berbagai situs jejaring sosial.

HP Nokia N97 juga menunjukkan trend komunikasi di masa depan, bahwa kelak antara telepon selular dengan internet akan menjadi suatu kesatuan yang saling melengkapi. Sekarang interaksi keduanya itu sudah dimulai dan difasilitasi oleh HP Nokia N97.

Nokia N97 Xperia, Bukan Koalisi Hand Phone

Selasa, 13 April 2010


Nokia N97 Xperia bukan sebutan untuk sebuah hand phone versi baru atau hand phone yang berkoalisi layaknya partai politik.  Tetapi merupakan potongan kata dari dua versi handphone dengan merk berbeda digandeng menjadi satu. Alasannya, secara fisik keduanya memiliki disain yang mirip, bahkan sampai pada fitur yang mereka miliki. Walhasil, kemampuan keduanya pun juga nyaris tidak berbeda. Meskipun demikian, harus ada salah satu yang lebih unggul.

Hal ini juga menjadi alasan untuk membandingkan Nokia N97 dengan Sony Ericsson Xperia X1, sehingga kita mendapat sedikit gambaran mengenai kedua versi hand phone yang kini sedang berkompetisi di pasar telepon selular tersebut.

Jika Nokia N97 dioperasikan dengan keyboard Qwerty dan touch screen 3,5 inch, maka Sony Ericsson Xperia X1 juga menggunakan keyboard Qwerty dan touch screen, meskipun sedikit lebih kecil, yaitu berukuran 3,15 inch. Hal serupa terdapat pada kamera yang digunakan Nokia N97 dengan kapasitas 5 Megapiksel, sementara milik Sonny Ericsson sedikit lebih rendah 3.15 Megapiksel.

Nokia N97 yang menggunakan sumber daya dari baterei Li-Ion BP-4L 1500 mAh memiliki waktu bicara 9,5 jam. Sementara Sony Ericsson Xperia X1 dengan sumber daya baterei Li-Po 1500 mAh (BST-41) memiliki waktu sedikit lebih lama, yaitu 10 jam.

Kedua-duanya memiliki dukungan AGPS dan sebagai smartphone tidak terlupa melengkapi diri dengan fitur-fitur standar yang umumnya dimiliki oleh sebuah hand phone. Meski saling terdapat sedikit kekurangan dan kelebihan tetapi secara fungsional antara Nokia N97 dengan Sony Ericsson Xperia X1 tidak terdapat perbedaan mencolok.

HP Nokia N97 Detail dan Kinerjanya

Minggu, 11 April 2010


Detail HP Nokia N97 atau lebih tepatnya spesifikasi sebuah HP merupakan salah satu dasar pertimbangan bagi konsumen untuk menentukan pilihan. Apakah dia fitur dan kemampuannya memang sesuai dengan yang dia perlukan atau tidak. Dari jawaban atas pertanyaan tersebut konsumen kemudian menentukan putusannya. Inilah Detail HP Nokia N97.

Dimensi
Bentuk: Model layar dengan mekanisme geser samping
Dimensi:117.2 x 55.3 x 15.9 mm (18.25 mm di titik paling tebal)
Berat (dengan baterai):150 g

Tampilan Layar   
Ukuran: 3.5" dengan resolusi: 640 x 360 piksel, sampai 16,7 juta warna
Layar sentuh yang tahan lama dengan foil sentuh dan feedback sentuh terpisah

Warna dan Cover
Nokia N97 diproduksi dalam 2 macam warna, yaitu Hitam dan Putih

Sumber Daya
HP ini menggunakan sumber daya dari baterai Li-Ion BP-4L 1500 mAh
Waktu bicara (maksimum) :  GSM sampai 570 menit, WCDMA sampai 360 menit
Waktu siaga (maksimum) :  GSM sampai 430 jam, WCDMA sampai 400 jam
Untuk pengisian daya melalui car charger, kinerja sumber daya ini juga dipengaruhi oleh penggunaan Nokia Car Charger yang kompatibel.

Memori
Total memori 48 GB. Secara detail terdiri dari Memori internal : 32 GB + Eksternal berupa slot kartu memori microSD sampai 16 GB

Konektivitas
Bluetooth versi 2.0 dengan Enhanced Data Rate, TV out, Dukungan untuk sinkronisasi SyncML lokal dan jauh, USB 2.0 kecepatan tinggi (konektor micro USB) dan Konektor AV 3.5 mm

Frekuensi Operasi
- WCDMA 900/1900/2100, Quad band GSM 850/900/1800/1900, HSDPA, GPRS, A-GPS, WLAN
- E-GSM 850/900/1800/1900, A-GPS
- WCDMA 850/1900/2100, Quad band GSM 850/900/1800/1900, A-GPS, WLAN
HP Nokia N97 dapat melakukan perpindahan antar band GSM secara otomatis.

Personal Information Management (PIM)
Memiliki fitur lengkap, secara detail terdiri dari Kalender - Daftar agenda - Catatan - Perekam - Kalkulator - Jam - Konverte

Kamera
Kamera 5.0 megapiksel (2584 x 1938 piksel) dengan optik Carl Zeiss,  Format file gambar diam JPEG/EXIF,  Zoom hingga 4x (digital), kamera kedua untuk panggilan video, VGA (640 x 480 piksel)

Video
Kamera utama : 5 megapiksel dengan optik Carl Zeiss, Pengambilan video dalam format MPEG-4 sampai VGA pada 30 fps.
Kamera kedua :  VGA untuk panggilan video

Musik
Pemutar Musik Nokia N Series dan Comes with Music
   
Radio
Versi N97 ini didukung oleh Radio Stereo FM (87.5-108 MHz/76-90 MHz), RDS

Nokia N97 Symbian

Sabtu, 10 April 2010


Nokia N97 Symbian mengartikan bahwa hand phone keluaran Perusahaan asal Finlandia tersebut dijalankan dengan menggunakan Symbian OS, yaitu sistem operasi untuk peralatan bergerak (mobile) yang dirancang dan dikembangkan oleh Symbian Ltd.

Dengan beroperasi secara multithreading, multitasking  dan pengamanan terhadap memori, sistem ini mampu untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Disamping itu semua pemrogramannya dilakukan secara event-based, yaitu hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu.

Sebelum seluruh sisa saham milik Symbian Ltd dibeli oleh Nokia pada 24 Juni 2008,  komposisi kepemilikannya terdiri dari Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Sony Ericsson (13,1%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%) dan Siemens/BenQ (8,4%). Dengan demikian produsen Nokia N97 tersebut menjadi pemilik saham terbesar. Hal ini secara strategis berdampak memberikan lebih banyak bargaining bagi produsen Nokia N97 di pasar hand phone dunia.

Meskipun saat ini telah berhasil dikembangkan versi terbaru, Symbian OS v9.5s. Tetapi kebanyakan hand phone yang beredar di pasaran masih menggunakan versi sebelumnya, yaitu v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, dan v9.1s. Bahkan termasuk keluarga Nokia N97 sendiri, meskipun memiliki standar gps dengan keyboard qwerty dilengkapi pengoperasian menggunakan touch screen, tetapi sebagian besar N Series-nya masih menggunakan Symbian OS v9.1s.

GPS Nokia N97, Aku Disini. Dimana Kau ?

Minggu, 04 April 2010


GPS Nokia N97 menunjukkan bahwa Nokia N97 dilengkapi dengan fasilitas GPS atau Global Positioning System. Sistem pemindaian melalui satelit ini pada awalnya hanya digunakan untuk kepentingan militer dan kalangan tertentu. Kini dengan berkembangnya teknologi, fasilitas ini menjadi salah satu fitur pada Nokia N97 yang bisa digunakan oleh setiap orang.

Fungsi dasar GPS sebenarnya untuk menterjemahkan suatu posisi kedalam bentuk deretan angka kordinat X (bujur),Y (lintang) dan Z (ketinggian) setiap tempat yang berbeda-beda di permukaan bumi. GPS melakukan navigasi melalui 24 satelit Middle Earth Orbit dengan ketinggian 12.000 mil dan mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam, sambil terus menerus menerima dan mengirim sinyal ke permukaan bumi.

Untuk memudahkan membaca peta GPS, maka selain skala pembesarannya pada layar bisa diatur, juga Nokia N97 dilengkapi dengan kompas elektronik. Rotasi petanya juga bisa disesuaikan dengan arah perjalanan pengguna atau selalu menempatkan kutub utara di bagian atas. GPS ini merupakan salah satu fitur disamping berbagai detail teknis yang mendukung keunggulan Nokia N97 dalam memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya.

Dengan GPS ini pengguna Nokia N97 bisa mengetahui lokasinya. Hal ini sangat bermanfaaat apabila Anda sedang bepergian ke suatu tempat yang belum pernah Anda kenal. Dengan fasilitas yang lebih populer disebut Ovi Maps, Anda akan tahu persis sedang berada dimana. Sehingga Anda juga bisa menentukan ke arah mana tujuan Anda, dengan demikian Anda bisa memutuskan untuk mengambil jalan pintas yang lebih dekat dan menghemat waktu sekaligus menghemat BBM.

Fasilitas navigasi ini secara default tidak disediakan, kecuali jika memang Anda benar-benar memerlukannya, maka Anda bisa mendown loadnya sebagai salah satu andalan dari Nokia N97 Apps yang bisa ditemukan di Ovi Store.

Dalam penggunaan fasilitas GPS ini diperlukan transfer data yang cukup besar, sehingga sangat beralasan jika terdapat beberapa provider yang memasukkannya dalam palayanan khusus dan mengenakan tarif tambahan untuk transmisi data tersebut.

HP Nokia N97 dan N97 Mini

Sabtu, 03 April 2010


HP Nokia N97 dan N97 Mini boleh dikatakan tidak memiliki perbedaan mendasar, kecuali pada bentuk dan ukuran HP Nokia N97 Mini yang lebih kecil dibandingkan dengan “saudaranya” itu. Tetapi meskipun demikian, hand phone yang dimodifikasi dalam bentuk  Mini ini memiliki kinerja dan fungsi yang tidak banyak berbeda dengan HP Nokia N97. Soalnya, fitur-fitur dan dukungan yang dimiliki juga tidak ada yang berbeda.

Keunggulan HP Nokia N97 Mini jika dibandingkan dengan “saudaranya” itu, barangkali terletak pada bentuk fisiknya yang mini itu sendiri. Tentu para konsumen wanita yang bisa lebih merasakan bahwa versi HP mini ini terasa lebih nyaman bila digenggam, dan tak perlu khawatir akan mudah terlepas.

Kedua HP Nokia ini menggunakan layar geser samping, tetapi layar untuk versi mini bisa dimiringkan hingga 30”, beratnya pun juga lebih ringan 12 gram. Sedangkan waktu bicara yang dimiliki HP Nokia N97 Mini  430 menit (GSM) dan 240 menit (WCDMA), untuk HP Nokia N97 versi biasa 570 menit (GSM) dan 360 menit (WCDMA). Bandingkan pula waktu siaganya 320 menit (GSM) dan 310 menit (WCDMA), sementara pada versi biasa 430 menit (GSM) dan 400 menit (WCDMA).

Pada pemakaian kamera dan videonya  juga tak terdapat perbedaan, karena HP Nokia N97 Mini ini menggunakan kamera milik Nokia N97 yang berlensa Carl Zeiss dan berkapasitas 5 Mpix. Begitu pula fungsi dari berbagai fitur, karena perangkat yang digunakan untuk mendukung HP Nokia N97 Mini tidak berbeda dengan milik HP Nokia N97. Dari melakukan browshing, pengiriman pesan berupa SMS dan MMS sampai dengan memutar musik dan mendengarkan radio.

Perbedaan lain yang mencolok terdapat pada memori internal. Pada HP Nokia N97 Mini sebesar 8 Mb, sedangkan untuk versi yang bukan mini 32 Gb.

Sementara perbedaan yang berdampak menambah keunggulan HP Nokia N97 Mini terdapat pada layar yang semula berukuran 35” dan kemudian diperkecil menjadi 32”. Dengan resolusi 16 juta warna, penyusutan luas layar tersebut mengakibatkan tampilan pada HP Nokia N97 Mini menjadi terkompresi dan lebih tajam.

Tetapi bukannya tak ada kekurangan sama sekali, beberapa pengguna HP Nokia N97 Mini mengeluh bahwa mereka perlu memberikan tekanan lebih keras dalam menggunakan touch screen. Meski demikian kedua-duanya memang dipersiapkan sebagai alat komunikasi masa depan.

Spesifikasi HP Nokia X6 16Gb Untuk Menikmati 3 Juta Lagu

Jumat, 02 April 2010


Spesifikasi HP Nokia X60 16 Gb yang membuat penampilannya istimewa adalah pengoperasiannya melalui layar sentuh (touch screen) dengan dikombinasikan keyboard Qwerty. HP yang difasilitasi dengan 3 Juta Lagu Gratis ini dilengkapi dengan tombol khusus untuk mengakses musik, galeri dan browser. Demikian pula akses kamera, volume dan lain-lain sehingga memudahkan penggunanya.

HP ini  sebenarnya sudah dipamerkan dalam ajang Nokia World 2009 di Jerman, tahun lalu. Tapi baru menjadi HP paling populer saat dirilis di Indonesia menjelang akhir Maret, gara-gara promosi  “Comes With Music”-nya yang cukup gencar. Sementara di saat yang bersamaan tidak ada kompetitor dengan even serupa, plus Nokia memang memiliki tempat khusus di masyarat pengguna HP Indonesia. Karena itu, Nokia x6 mendapat respon positif dari masyarakat penggemar gadget di Indonesia.

Bentuknya yang memilih spesifikasi “simple” cenderung kotak persegi empat berdimensi 111,0 x 51,0 x 13,8 mm dengan bobot 122 gr dengan pilihan warna hitam-hitam atau putih-merah muda, justru mengesankan Nokia X60 berpenampilan futuristik.
Sepintas dimensinya tak banyak berbeda dengan seri X3 yang lebih sederhana, Nokia X6 dengan spesifikasi layar lebih lebar memiliki tampilan gambar beresolusi 640 x 360 piksel (nHD) dengan kombinasi sampai 16,7 juta warna.

Spesifikasi Nokia X6 lainnya yang perlu diketahui adalah sumberdayanya dari Baterai standar Li-lon BL-5J 1.320 mAh. Dengan sumberdaya itu, Nokia x6 memiliki waktu bicara maksimal 11 jam 30 menit (GSM) atau 6 jam (WCDMA), sedangkan waktu siaganya mencapai 420 jam (GSM) atau untuk pengoperasian CDMA 450 jam.

Nokia X6 juga dilengkapi dengan fitur-fitur standar layaknya smartphone masa kini dan rata-rata tak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Tentu saja, tidak ketinggalan aspesifikasi standar bagi Nokia, yaitu Sistem A-GPS terpadu dan Ovi Maps 3.0

Sedangkan spesifikasi yang perlu dicermati adalah detil yang menyangkut atribut Comes With Music, yaitu Playback musik dan audionya yang diajangi oleh memori internal 16 GB. Pemutar musik digitalnya, tentu saja dari Nokia N Series, dengan kelengkapan Daftar Putar, Ekualiser grafis 8-band, Pemilihan berdasarkan artis, pengarang, album dan genre, Tampilan grafis album, Penguat bas, pelebaran stereo dan kenyaringan suara.
Fitur lainnya meliputi :
- Format file playback musik: mp3, SPMidi, AAC, AAC+, eAAC+, WMA
- Tombol khusus volume dan akses langsung ke Pemutar Musik dari Baris Media
- Radio FM stereo
- Konektor AV Nokia 3,5 mm
- Nokia Ovi Player
- Dukungan Nokia Music Store
- Dukungan Nokia Podcasting
- Nada dering: Nada dering stereo 3D, polifonik 64 nada, nada dering mp3 & video (3 video dan 9 lagu mp3 bawaan)
- Speaker stereo efek suara 3D terpadu (chip khusus audio untuk kualitas suara hi-fi sebening kristal)

Spesifikasi rekaman suara dan audio :
- Perintah suara
- Speaker-Independent Name Dialling (SIND)
- Perekam suara
- Format rekaman audio: AMR, NB-AMR, FR, EFR
- Mikrofon stereo digital

HP Nokia N97 Qwerty, Semudah Mesin Ketik

Kamis, 01 April 2010


HP Nokia N97 Qwerty akan terasa lebih mudah dioperasikan, terutama jika kita mengetik pesan untuk dikirimkan. Pasalnya, susunan abjadnya tidak “menumpang” pada susunan angka-angka yang sebelumnya memang dominan dalam penggunaan telepon. Tetapi letak abjad dengan pola Qwerty tak ubahnya seperti susunan pada keyboard.

Istilah Qwerty sendiri diadopsi dari susunan tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y yang letaknya berurutan seperti terlihat dalam baris di bagian atas dari keyboard komputer.

Dengan susunan abjad tersebut, terutama bagi pengguna yang terbiasa menggunakan perangkat komputer, penyampaian pesan secara tertulis melalui SMS dapat dilakukan seperti mengetik diatas keyboard. Apalagi dengan Nokia N97 3G proses pengiriman data dapat dilakukan secara lebih cepat.  Hal ini lebih mudah dilakukan dibandingkan menulis pesan dengan cara sebelumnya. Misalnya untuk mengetik huruf “c” harus dengan cara menekan tombol angka 2 sebanyak tiga kali. Seringkali pencetan tersebut kelewatan atau kurang, sehingga harus diulang kembali.

Qwerty masih belum diterapkan pada nokia n96,  n97 sebagai penerusnya baru mulai menggunakan pola keyboard ini yang sekaligus menjadi salah satu unsur yang meningkatkan kinerja Nokia n97 sebagai alat komunikasi modern dan cerdas disamping berbagai detail lainnya.

Tata letak abjad tersebut tidak hanya digunakan oleh HP Nokia N97, tetapi juga oleh beberapa versi HP dari berbagai merk terkenal sebagai sistem penulisan pesan.  Baik oleh HP yang berbasis  sistem operasi Symbian maupun dengan sistem operasi android.

Semakin banyak hand phone yang menerapkan cara tersebut, maka semakin menunjukkan bahwa secara pelahan tetapi pasti Qwerty akan menjadi standar untuk setiap hand phone di masa-masa mendatang. Tidak berbeda dengan penggunaan touch screen atau layar sentuh yang kini juga digunakan oleh Nokia N97 dan versi mininya serta beberapa versi merk-merk terkenal lainnya.

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel