Spesifikasi Teknik Nokia N97

Rabu, 30 Juni 2010


Spesifikasi Teknik Nokia N97 merupakan data-data yang perlu diketahui oleh pengguna agar selain dapat mengenal secara detail hand phone Nokia yang digunakannya juga memanfaatkan fungsinya secara optimal. Spesifikasi Teknik tersebut pada umumnya meliputi Dimensi, yaitu bentuknya, ukuran, warna dan berat Nokia N97. Termasuk teknik tampilan layar yang meliputi ukuran dan resolusi gambar Nokia N97 yang ditampilkan.

Spesifikasi Teknik Nokia N97 yang penting diketahui oleh pengguna karena merupakan faktor utama untuk pengoperasiannya adalah spesifikasi tentang sumber daya. Nokia N97 menggunakan Baterai Li-Ion BP-4L 1500 mAh dengan waktu bicara (maksimum) untuk GSM sampai 570 menit dan untuk WCDMA sampai 360 menit. Sedangkan waktu siaga (maksimum) untuk GSM sampai 430 jam dan untuk WCDMA sampai 400 jam.

Selain kapasitas waktu bicara dan siaga, yang perlu diketahui terkait dengan cadangan sumber daya listriknya adalah waktu untuk melakukan rekaman video dengan spesifikasi Waktu rekaman video (maksimum): sampai 1 jam per klip dan Waktu rekaman video (maksimum): sampai 1 jam per klip dengan waktu playback musik (maksimum): sampai 40 jam.

Untuk penggunaan frekuensinya N97 memiliki spesifikasi operasional WCDMA 900/1900/2100, Quad band GSM 850/900/1800/1900, HSDPA, GPRS, A-GPS, WLAN. Untuk GSM pada band 850/900/1800/1900, A-GPS. Dan WCDMA 850/1900/2100, Quad band GSM 850/900/1800/1900, A-GPS, WLAN. Secara teknik pengoperasian antara band-band GSM dapat beralih secara otomatis.

Nokia N97 yang dilengkapi dengan memori internal 32 Gb ditambah slot kartu memori microSD sampai 16 Gb ini beroperasi menggunakan jaringan GPRS kelas A, multislot kelas 32 dengan kecepatan maksimum WCDMA sampai 3.6 Mbps dan kecepatan maksimum HSDPA sampai 3.6 Mbps. Dengan Spesifikasi Teknik tersebut, maka untuk HP di kelasnya harga Nokia n97  bisa dibilang termasuk sangat kompetitif.

Aplikasi Nokia N97, Makin Bersaing dan Beragam

Selasa, 29 Juni 2010


Aplikasi Nokia N97  didisain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya dan kebanyakan disediakan secara cuma-cuma untuk didownload dari Ovi Store.  Selain bersifat freeware, terdapat beberapa yang masih bersifat Beta atau trial yang berarti masih dalam tahap sedang  disempurnakan. Meskipun demikian sudah dapat berfungsi seperti yang dikehendaki oleh penggunanya.

Pada prinsipnya, aplikasi Nokia N97 disediakan sebanyak-banyaknya di Ovi Store, sehingga masing-masing konsumen yang berbeda usia, gaya hidup dan profesi dapat menjadi personalized dengan mengunduh aplikasi yang dibutuhkan.

Pola penyediaan aplikasi secara terpisah merupakan solusi paling tepat untuk saat ini. Tidak hanya dilakukan oleh Nokia N97, tetapi juga berbagai merk hand phone di peringkat atas. Apple sejak Juli 2008 telah menyediakan aplikasi untuk didownload dari App Store, yakni tidak berbeda dengan Ovi Store milik Nokia N97.

Pola seperti ini dinilai sebagai satu-satunya langkah efisien untuk memenuhi kebutuhan pengguna secara individual dan di sisi lain produsen tidak harus menyertakan semua fitur secara default dalam produk smartphone. Sehingga “memakan” banyak memory untuk aplikasi yang belum tentu dimanfaatkan oleh pengguna.

Beberapa aplikasi penting yang sering diunduh pengguna Nokia N97 adalah Nokia Suites.  Seperti PC Suite dan Ovi Suite, aplikasi ini memberikan kemudahan untuk  mengakses isi dan mengirim file dari perangkat Nokia ke komputer dan sebaliknya.

Aplikasi yang sama pentingnya karena sering digunakan adalah Foto Browser yang dibuat oleh Nokia Beta Labs Tim. Fungsinya adalah untuk mengakses foto dengan tampilan di atas layar yang jernih dan sangat jelas. Disamping sering digunakan, fitur ini juga memberikan kenyamanan karena kelebihan dalam tampilannya.

Messaging juga merupakan aplikasi penting karena banyak pengguna Nokia N97 yang melakukan berbagai fungsi e-mail. Aplikasi ini juga mendukung pemakaian hotmail yang tidak terdapat dalam fitur sebelum versi N97.  Sedangkan aplikasi lain yang terkait dengan  fungsi e-mail adalah Paket Bahasa dan  Paket suara Text-to-Speech yang  memungkinkan pengguna Nokia N97 untuk mendengarkan pesan teks, pesan multimedia, dan email yang dipampangkan di atas layar sentuhnya.

Aplikasi lain yang kini sedang populer adalah Maps. Peta dari Google ini menggunakan GPS internal dari N97 agar pengguna Nokia N97 dapat mengetahui posisinya di atas peta. Sehingga bisa pula menentukan arah tujuannya, menghindar dari kemungkinan macetnya lalu lintas dan memilih jalan pintas yang lebih dekat.

Harga Nokia N97, Akhir Juni 2010

Sabtu, 26 Juni 2010


Harga Nokia N97 sampai pada akhir bulan Juni 2010 berdasarkan patokan resmi distributor Nokia Indonesia sebesar Rp. 5,3 juta Sementara beberapa agen menawarkan antara Rp.5,3 juta sampai Rp.5,4  juta.

Sedangkan harga untuk Nokia N97 second, tentu jauh lebih rendah dan tidak bisa digeneralisir, karena selain tergantung kondisi HP juga tujuan pengguna untuk menjualnya. Selain itu untuk membeli Nokia N97 di luar agen resmi atau counter hand phone yang terpercaya, konsumen diharapkan lebih berhati-hati terhadap penawaran Nokia N97 palsu seperti yang terjadi di beberapa daerah. Secara fisik tidak ada perbedaannya sama sekali, tetapi aplikasi Nokia N97 palsu ini sangat terbatas. Kemampuannya jauh berbeda dengan spesifikasi Nokia n97.

Nokia N97 palsu tersebut secara fisik sulit dibedakan dengan Nokia N97 yang asli. Tetapi secara umum bisa disebutkan ciri-ciri berikut : memori internalnya hanya sebesar 1 Gb, GPS-nya tidak berfungsi sehingga pengguna tidak dapat memanfaatkan layanan Ovi Maps yang justru saat ini menjadi salah satu unggulan Nokia N97. Keyboard qwertynya sedikit lebih alot dibandingkan dengan yang asli. 

Umumnya barang palsu ini ditawarkan dalam kondisi yang masih baru dengan harga antara Rp. 1,5 hingga Rp. 2,5 juta. Alasan penjualnya, barang tersebut diperoleh dari kapal sebagai hasil selundupan. Karena itu meskipun barang baru, tetapi harga yang ditawarkan bisa jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga yang berlaku di pasaran.

Untuk beberapa bulan ke depan sampai menjelang Lebaran diperkirakan harga resminya tidak akan banyak mengalami perubahan. Meskipun dalam keluarga N Series juga terdapat N900 yang seringkali disebut-sebut sebagai hand phone sekaligus PC.

Selanjutnya perkembangan harganya dapat dilihat pada Harga Nokia N97, Juli 2010

Gambar Nokia N97

Kamis, 24 Juni 2010



Gambar Nokia N97 seperti pada gambar lainnya hingga saat ini masih mengandung filosofi bahwa sebuah gambar lebih bisa berbicara dibandingkan dengan seribu kata. Memang, untuk memberikan gambaran Nokia N97 secara fisik, terutama ketika Nokia N97 belum dirilis, orang pun sudah lebih dulu mengenal Nokia N97 melalui gambar atau foto-foto yang beredar melalui ulasan-ulasan tetang hand phone yang  jumlahnya cukup banyak di internet.
Berikut ini adalah gambar Nokia N97 Black. Seri ini hanya dirilis dalam warna black dan silver atau lebih sering disebut white. Di pasar selular banyak pengguna yang lebih menyukai warna hitam.




Ini adalah gambar Nokia N97 White dengan fungsi GPS-nya untuk mendukung efektivitas penggunanya dalam melakukan perjalanan, khususnya di wilayah yang belum mereka kenal. GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu fasilitas yang disediakan Nokia dan bisa didownload melalui Ovi Store.



Gambar Nokia N97 dengan keyboard Qwerty, jauh lebih mudah mengetikkan kalimat dibandingkan dengan cara tekan sana tekan sini yang seringkali keliru melakukannya.




Gambar Nokia N97 yang menunjukkan lensa kameranya menggunakan Carl Zeiss Optics. Kualitasnya mampu menghasilkan gambar yang jelas dan jernih.



Salah satu keunggulannya adalah memori internal sebesar 32Gb yang masih bisa ditambah lagi dengan Micro SD 16Gb, sehingga total sebesar 48 Gb. Sudah lewat setahun sejak Nokia N97 dirilis, memori internalnya belum tertandingi.


Nokia N97 secara keseluruhan didisain sebagai salah satu unggulan Nokia untuk menghadapi kompetitornya. Karena itu fitur-fiturnya adalah hasil inovasi terakhir saat smartphone ini dirilis.

Nokia N97 Spesifikasi Yang Disiapkan Untuk Bertarung

Rabu, 23 Juni 2010


Nokia N97 Spesifikasi tak ubahnya dengan IQ seseorang, yaitu menunjukkan seberapa “smart”-nya smartphone yang bersangkutan, dalam hal ini adalah Nokia N97. Ketatnya kompetisi di pasar selular saat launching Nokia N97, sudah diantisipasi melalui disain dengan spesifikasi untuk bertarung melawan smart phone yang saat itu beredar di pasar.

Hampir semua fitur unggulan “dimasukkan” pada N97. Dengan spesifikasi standar martphone, yakni keyboard model Qwerty dan touch screen atau layar sentuh, hand phone unggulan Nokia ini juga dilengkapi dengan GPS dan kompas digital.

Seperti standar  spesifikasi yang berlaku secara umum, Nokia N97 dengan sistem operasi Symbian S60 versi 5 dilengkapi kamera resolusi 5 megapixel dengan lensa Carl Zeiss yang digunakan oleh semua produk perusahaan dari Finlandia ini karena terkenal dengan ketajaman hasil gambarnya. Termasuk dalam spesifikasi seri ini adalah dukungan port  TV-out untuk menampilkan rekaman foto dan video secara langsung ke layar TV, memori internal sebesar 32 GB, serta dukungan pembaruan (update) firmware tanpa kabel untuk membuat kinerjanya selalu berada dalam keadaan prima.

Koneksi internetnya memiliki spesifikasi yang dapat melakukan akses internet dengan kecepatan tinggi melalui Wi-Fi atau jaringan HSDPA. Sehingga untuk mengakses layanan jaringan sosial seperti facebook yang sekarang accountnya dimiliki setiap orang, pengguna Nokia N97 tidak perlu lagi membuka laptop atau kebingungan mencari warnet.

Spesifikasi yang menjadi kelengkapan lain adalah Ovi Store yang disediakan untuk para pengguna Nokia N97 untuk mengunduh mulai dari game, aplikasi, audio dan video, personalisation sampai my stuff.

Ovi memang sebuah fitur baru bagi para pengguna Nokia N97, sehingga kini memori Nokia N97 dapat dimanfaatkan secara optimal dengan hanya mengaktifkan fitur-fitur yang diperlukan dan “membuang” fitur yang tidak perlu. Karena penggunaan aplikasi tersebut sifatnya sangat individual, sehingga seberapa pun canggih spesifikasi yang dirancang untuk smartphone ini, maka tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan Nokia N97 akan berbeda-beda bagi setiap orang.

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel