Nokia N97 Symbian

Sabtu, 10 April 2010


Nokia N97 Symbian mengartikan bahwa hand phone keluaran Perusahaan asal Finlandia tersebut dijalankan dengan menggunakan Symbian OS, yaitu sistem operasi untuk peralatan bergerak (mobile) yang dirancang dan dikembangkan oleh Symbian Ltd.

Dengan beroperasi secara multithreading, multitasking  dan pengamanan terhadap memori, sistem ini mampu untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Disamping itu semua pemrogramannya dilakukan secara event-based, yaitu hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu.

Sebelum seluruh sisa saham milik Symbian Ltd dibeli oleh Nokia pada 24 Juni 2008,  komposisi kepemilikannya terdiri dari Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Sony Ericsson (13,1%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%) dan Siemens/BenQ (8,4%). Dengan demikian produsen Nokia N97 tersebut menjadi pemilik saham terbesar. Hal ini secara strategis berdampak memberikan lebih banyak bargaining bagi produsen Nokia N97 di pasar hand phone dunia.

Meskipun saat ini telah berhasil dikembangkan versi terbaru, Symbian OS v9.5s. Tetapi kebanyakan hand phone yang beredar di pasaran masih menggunakan versi sebelumnya, yaitu v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, dan v9.1s. Bahkan termasuk keluarga Nokia N97 sendiri, meskipun memiliki standar gps dengan keyboard qwerty dilengkapi pengoperasian menggunakan touch screen, tetapi sebagian besar N Series-nya masih menggunakan Symbian OS v9.1s.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel