Alexander Graham Bell Bukan Penemu Telepon yang Pertama

Rabu, 10 Maret 2010

 Antonio Meucci dan The Monument of Antonio Meucci di  Gravesend, Brooklyn.

Sebuah versi awal alat berkomunikasi melalui kabel sudah didemonstrasikan Antonio Meucci untuk yang pertama kalinya di Staten Island, New York pada 1854, duapuluhdua tahun lebih awal sebelum publik mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon.

Penemuan Antonio Meucci yang disebutnya sebagai “telegrafo parlante” atau teletrofono tersebut pada tahun 1860 sudah dipublikasikan oleh L’Eco d “Italia”, sebuah koran berbahasa Italia yang terbit di New York. Inilah kutipannya : Meucci invented a paired electro-magnetic transmitter and receiver, where the motion of a diaphragm modulated a signal in a coil by moving an electromagnet. This resulted in a good fidelity, but a very weak signal.

Karena kondisi perekonomiannya yang sulit, maka pada tahun 1971 Antonio Meucci mendaftarkan hasil penemuannya itu ke Kantor Paten dengan pendaftaran sementara. Pendaftaran ini hanya berlaku untuk setahun dan harus selalu diperpanjang setiap tahun. Apabila tidak dibayar untuk tahun berikutnya, dia akan kehilangan hak paten atas penemuan telepon tersebut.

Akibat kemiskinan yang terus menimpanya, akhirnya setelah tahun 1874 Meucci tidak mampu lagi untuk membayar pembaruan hak patennya, meskipun di saat itu biayanya hanya sebesar $ 10.Disamping itu Meucci juga berusaha untuk menawarkan penemuan telepon “telegrafo parlante” ke Perusahaan Telegraf Western Union. 

Tetapi setiap kali Meucci minta waktu mendemonstrasikan hasil penemuannya, Wakil Pemimpin Perusahaan, Edward B.Grant, selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Karena terus menerus ditolak, akhirnya Meucci meminta kembali semua materi penemuan telepon yang dulu ditawarkan ke perusahaan itu. Anehnya, perusahaan tersebut tidak dapat mengembalikan, alasannya telah hilang.

Tahun 1876 nama Alexander Graham Bell muncul sebagai pemegang hak paten atas penemuan telepon. Tentu saja berdasarkan pengalamannya dengan pihak Kantor Paten, Meucci mengajukan keberatan. Tetapi dalam kasus tersebut Meucci kalah di sidang pengadilan. Di kemudian hari ternyata diketahui bahwa sebelumnya memang terdapat kesepakatan antara Graham Bell dengan pihak Western Union, Bell bersedia memberikan 20 persen keuntungan komersial dari penemuan telepon itu selama 17 tahun.

Kecuali penemuan telephonenya, Antonio Meucci mendapat 14 hak paten atas penemuannya yang lain.
Dalam kurun waktu lebih satu abad nama Alexander Graham Bell dikenal di seluruh dunia sebagai penemu telepon yang pertama. Sampai akhirnya pada tanggal 11 Juni 2002, The United States House of Representatives menetapkan bahwa penemuan telepon yang pertama sesungguhnya dilakukan oleh Antonio Meucci, Ilmuwan asal Italia yang karena tidak mampu membayar perpanjangan hak paten sebesar $ 10, maka hak paten tersebut diberikan kepada Alexander Graham Bell.

Tetapi penetapan resmi terhadap Antonio Meucci atas penemuan telepon pertama yang berhasil dilakukannya itu tak akan pernah diketahui Meucci, penemu dan juga pejuang (3) kemerdekaan bagi negeri asalnya, Italia ini telah meninggal lebih dari satu abad yang lalu, 18 Oktober 1898. (dt)

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel