Apa yang Anda Ketahui Tentang Bentuk Komunikasi ?

Sabtu, 13 Maret 2010

Misalnya Anda menerima informasi dari seseorang yang dikatakannya di hadapan Anda, maka informasi itu Anda peroleh melalui komunikasi langsung.
Jika ada komunikasi langsung yang dilakukan dengan berhadap-hadapan dalam jarak dekat, tentunya juga ada komunikasi tidak langsung karena dilakukan dalam jarak jauh.
Nah, cara untuk melakukan komunikasi dalam jarak jauh inilah yang disebut sebagai Telekomunikasi.

Selanjutnya berdasarkan teknologi telekomunikasi yang digunakan, maka sebuah informasi dapat disampaikan atau diterima melalui tiga bentuk komunikasi.
1. Komunikasi Satu Arah atau Simplex. Disini Anda hanya menjadi penerima informasi tanpa bisa melakukan komunikasi untuk membantah, minta penjelasan ulang atau menanyakan hal-hal yang lebih detil melalui media yang sama. Karena media yang digunakan untuk komunikasi satu arah ini adalah televisi, radio atau radio pager.

2. Komunikasi Dua Arah atau Duplex. Dalam komunikasi ini Anda tidak saja menerima informasi, tetapi juga menyampaikan informasi bahkan beradu argumentasi seperti layaknya Anda sedang berhadap-hadapan dengan lawan bicara Anda. Tentu saja, karena media untuk melakukan komunikasi dua arah ini adalah telepon, entah telepon kabel atau telepon nirkabel. Dan tidak peduli apakah Anda menggunakan jaringan kabel konvensional, gelombang radio, atau melalui perantara satelit

3. Komunikasi Semi Dua Arah atau Half Duplex. Mirip dengan komunikasi dua arah, tapi untuk bisa saling berbicara Anda harus melakukannya secara bergantian. Soalnya media yang digunakan untuk komunikasi semi dua Arah ini adalah Walky Talky, Chat Room atau Facsimile. Di jaman dulu mungkin bisa ditambahkan dengan telegraph atau telautograph.

Dalam proses komunikasi jarak jauh ini, setiap informasi yang akan dikirimkan dirubah dulu menjadi sinyal listrik, dan ada dua cara untuk merubah informasi tersebut. Pertama, dirubah menjadi sinyal analog yang berbentuk gelombang listrik yang mengalir terus menerus, kemudian dikirim oleh media transmisi. Kedua, setelah informasi dirubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal digital. Baru setelah itu dikirimkan oleh media transmisi.

Perbedaannya, sinyal analog merupakan gelombang yang terpancar secara terus menerus selama informasi itu dikirimkan. Sedangkan sinyal digital akan mengubah dulu sinyal analog tersebut menjadi sinyal terputus-putus yang dikodekan dalam sinyal ”0” dan  “1”, baru setelah itu dikirimkan oleh media transmisi.

Dalam proses selanjutnya, pengiriman informasi yang menggunakan sinyal analog rawan terkena gangguan, sehingga akurasi informasi yang dikirimkan bisa menurun. Sedangkan sinyal digital lebih mampu menghadapi gangguan. Informasi yang diterima memiliki kualitas yang sama seperti saat dikirimkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel