HP Nokia terbaru 2010 beserta harganya yang mendekati kisaran Rp. 5 Juta masih dinilai layak oleh para penggemar gadget, karena Nokia N97 mampu memberikan lebih banyak kenyamanan melalui Ovi Store-nya.
Tetapi dengan situasi pasar selular yang selalu dinamis, harga setiap merk dan setiap versi juga bisa berubah-ubah. Sebagai catatan dapat dibandingkan dengan perkembangan Harga Nokia N97 akhir Juni 2010.
Tetapi ternyata definisi sebagai “HP Nokia Terbaru” itu tidak hanya terbatas pada Nokia N97. “Saudara kembarnya” yang lebih mungil, Nokia N97 Mini juga masuk dalam kategori tersebut. Dipatok dengan kisaran harga Rp. 4.800.000,- yang nyaris tak berbeda dengan Nokia N97 menjadikannya sebagai pilihan terbaru 2010 yang sulit diabaikan.
Popularitas HP Nokia N97 justru makin melonjak ketika HP Sony Ericsson juga merilis Xperia versi Mini menyusul LG Mini GD 880 yang lebih dulu masuk dan mendapat respon pasar cukup lumayan. Versi mini yang seolah ingin mengubah trend pasar itu mengingatkan kembali peristiwa pada awal tahun 2007, saat trend pasar selular dunia berubah dengan dirilisnya Motorazr V3 oleh Motorola. Seluruh versi Razr yang konsisten untuk mempertahankan ketebalannya tak lebih dari 1 Cm itu sempat mendominasi pasar selular dunia.
Baik Nokia, Sony Ericsson maupun LG merupakan empat pemain teratas di pasar selular AS. Sengitnya kompetisi dalam satu versi yang sama sangat mungkin bisa “memaksa” selera konsumen untuk “berbelok” mengkonsumsi HP versi mungil. Tetapi HP Nokia dengan seluruh versinya memiliki sejarah cukup panjang di pasar Indonesia, lebih unggul dalam hal ikatan emosional dengan konsumen.
Untuk selangkah lebih di atas kompetitornya, HP Nokia N97 hanya perlu sedikit memodifikasi Ovi Storenya sehingga lebih apresiatif dengan kultur yang sedang berkembang di masyarakat Indonesia.
Tetapi dengan situasi pasar selular yang selalu dinamis, harga setiap merk dan setiap versi juga bisa berubah-ubah. Sebagai catatan dapat dibandingkan dengan perkembangan Harga Nokia N97 akhir Juni 2010.
Tetapi ternyata definisi sebagai “HP Nokia Terbaru” itu tidak hanya terbatas pada Nokia N97. “Saudara kembarnya” yang lebih mungil, Nokia N97 Mini juga masuk dalam kategori tersebut. Dipatok dengan kisaran harga Rp. 4.800.000,- yang nyaris tak berbeda dengan Nokia N97 menjadikannya sebagai pilihan terbaru 2010 yang sulit diabaikan.
Popularitas HP Nokia N97 justru makin melonjak ketika HP Sony Ericsson juga merilis Xperia versi Mini menyusul LG Mini GD 880 yang lebih dulu masuk dan mendapat respon pasar cukup lumayan. Versi mini yang seolah ingin mengubah trend pasar itu mengingatkan kembali peristiwa pada awal tahun 2007, saat trend pasar selular dunia berubah dengan dirilisnya Motorazr V3 oleh Motorola. Seluruh versi Razr yang konsisten untuk mempertahankan ketebalannya tak lebih dari 1 Cm itu sempat mendominasi pasar selular dunia.
Baik Nokia, Sony Ericsson maupun LG merupakan empat pemain teratas di pasar selular AS. Sengitnya kompetisi dalam satu versi yang sama sangat mungkin bisa “memaksa” selera konsumen untuk “berbelok” mengkonsumsi HP versi mungil. Tetapi HP Nokia dengan seluruh versinya memiliki sejarah cukup panjang di pasar Indonesia, lebih unggul dalam hal ikatan emosional dengan konsumen.
Untuk selangkah lebih di atas kompetitornya, HP Nokia N97 hanya perlu sedikit memodifikasi Ovi Storenya sehingga lebih apresiatif dengan kultur yang sedang berkembang di masyarakat Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar