Media Transmisi Terdiri Dari Berapa Macam Kabel ?

Selasa, 09 Maret 2010


Media transmisi adalah media yang dapat digunakan untuk mengirimkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam jaringan, semua media yang dapat menyalurkan gelombang listrik atau elektromagnetik atau cahaya dapat dipakai sebagai media, baik untuk pengiriman dan penerimaan data.

Tiga media transmisi yang digunakan adalah Copper media (media tembaga) atau biasa disebut kabel, kemudian Optical media (media optik), dan yang terakhir adalah Wireless media (tanpa kabel).
Setiap jenis media tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, pemakaian media transmisi yang efektif harus didasarkan pada pertimbangan kondisi dan tingkat kebutuhan.

Copper media adalah media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga atau yang biasa disebut kabel. Data yang dikirim melalui kabel adalah sinyal-sinyal listrik (tegangan atau arus) digital. Secara umum penggunaan kabel sebagai media transmisi lebih menguntungkan karena murah dan jarak jangkauannya cukup jauh. Kekurangannya adalah sulit pada saat instalasi.

Optik media adalah media transmisi data yang terbuat dari serat kaca dalam ukuran mikron atau yang biasa disebut fiber optic. Sebagai media transmisi memiliki kemampuan yang baik dalam mengantarkan data dengan kapasitas yang lebih besar dalam jarak transmisi yang cukup jauh serta memiliki kecepatan transmisi yang tinggi dengan tingkat kemungkinan hilangnya data yang sangat rendah. Kekurangannya adalah diperlukan biaya yang tinggi karena harganya cukup mahal serta sumber daya manusia yang bisa diandalkan untuk pemasangannya.

Wireless atau disebut jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Data-data dalam bentuk sinyal analog dirubah menjadi sinyal digital kemudian dimodulasikan dalam gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 Ghz dan 5 Ghz.
Kelebihannya adalah lebih praktis dan dapat dipergunakan untuk komunikasi data dalam jarak jauh. Sedangkan kekurangannya terletak pada biaya pemeliharaannya yang mahal serta pengaruh inteferensinya yang cukup besar.

Setiap media transmisi memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing, dengan pemilihan yang didasarkan pada faktor-faktor tingkat kebutuhan, tingkat penguasaan teknologi serta memperhatikan kondisi lingkungan yang sesuai dengan pemakaian media transmisi tersebut, maka kekurangan-kekurangan tersebut dapat diperkecil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel