Nokia N97 Dual Sim dan Strategi Hand Phone Buatan China

Kamis, 29 Juli 2010


Nokia N97 Dual Sim adalah hand phone yang bisa digunakan untuk dua nomor pelanggan sekaligus. Karena dilengkapi fasilitas untuk dua kartu SIM (Subscriber Identity Module) yang menyimpan data pengenal dan pengguna jasa telekomunikasi.  Kartu Sim digunakan dalam sistem GSM. Kartu yang mirip dan digunakan dalam UMTS disebut USIM, sedangkan kartu yang popular digunakan dalam sistem CDMA disebut kartu RUIM.

Dengan Dual Sim, pengguna handphone dapat memiliki dan menggunakan nomor telepon pribadi unrtuk berkomunikasi dengan kerabat dan keluarganya, dan juga nomor telepon bisnis untuk dihubungi terkait dengan urusan bisnis dalam satu hand phone. Trend penggunaan dual atau lebih dari satu nomor telephon ini juga tidak bisa dilepaskan dari pengaruh semakin banyaknya operator baru di pasar selular. Salah satu dampak dari  ketatnya kompetisi itu adalah semakin murahnya harga nomor serta pulsa hand phone.

Konsumen pun bisa setiap saat ingin berpindah operator, tapi berarti juga harus berganti nomor baru sehingga tidak akan bisa dihubungi melalui nomor lamanya. Dan Dual Sim ini menjadi solusi di tengah-tengah ketatnya kompetisi. Dual Sim tersebut bisa dua-duanya untuk kartu GSM, atau kombinasi dengan kartu CDMA.

Dibandingkan dengan rencana Nokia untuk menerapkan sistem Dual Sim dalam satu hand phone,  meskipun tidak pada seri Nokia N96 dan N97, atau  pada Nokia e75 tetapi pada produk hand phone Nokia yang berbasis Symbian 40 dalam kwartal pertama 2010, nampaknya sudah terlambat. Nokia kedahuluan para produsen hand phone dari China.
 
Strategi teknologi Dual Sim ini rencananya baru akan diterapkan Nokia setelah diperkirakan banyak pengguna hand phone merasa tak cukup hanya dengan memiliki satu nomor telepon. Sementara untuk menggunakan dua nomor, mereka juga harus membawa dua hand phone.

Berbeda dengan Nokia N97, sudah sejak pertengahan 2009 handphone dengan merk-merk tak diperhitungkan buatan China berhasil menggaet pasar segmentasi menengah ke bawah melalui penerapan teknologi Dual Sim. Sebelumnya, produsen hand phone China beramai-ramai memasukkan fitur TV  yang ternyata mendapat sambutan positif dari segmentasi pasar yang memang sedang menggandrungi fitur tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel