Nokia N97 China, Sama Rupa Tapi Beda Harga

Jumat, 23 Juli 2010


Nokia N97 China sekalipun memiliki penampilan yang sama persis seperti Nokia N97, tetapi sebenarnya bukan produk resmi dari Nokia. Karena itu kualitasnya jauh berbeda dibandingkan produk aslinya. Perbedaan yang mencolok terutama pada harganya yang ditawarkan jauh lebih murah, yakni antara Rp 1 sampai 2 juta. Sekaligus harga murah tersebut menjadi daya tarik konsumen yang ingin berpenampilan dengan Nokia Finland, sementara koceknya hanya berkemampuan Nokia China.

Karena punya rupa yang sama, bagaimana cara membedakannya dengan Nokia N97 yang asli ? Untuk memastikannya bisa dilakukan dengan mereset ke default factory. Kalau pada Nokia N97 Finland biasanya pada saat di restart muncul logo Nokia. Maka untuk hand phone yang satu ini akan muncul tulisan China Mobile. Entah Nokia N97 ini benar-benar diproduksi di China atau negara lainnya, sulit untuk diketahui. Soalnya, tidak ada distributor atau agen yang secara resmi mengaku menjadi penyalur dan penjual Nokia N97 China.

Sebagai produsen hand phone dengan pasar seluruh dunia, Nokia memiliki fasilitas produksi di banyak negara. Salah satunya terletak di Negeri China, tepatnya di Beijing, Dongguan dan Suzhou. Seandainya Nokia diproduksi di lokasi tersebut bukannya berarti akan memunculkan tulisan China Mobile pada saat direset.

Kalau masih ragu-ragu karena penampilan Nokia buatan China yang meyakinkan ini,  cobalah untuk menchek memorynya. Maka Anda akan menemukan memory sebesar 1 GB. Padahal Nokia N97 asli dibekali dengan memory internal 32 GB.

Masih kurang yakin ? Cobalah mengakses internet, kecepatan Nokia N97 yang berlogo China Mobile ini terasa sangat berbeda atau malah tidak connect. Apalagi fasilitas untuk Wifi, dicari sampai setengah mati pun tak bakal ditemukan. Begitu pula fitur GPS yang jadi salah satu andalan Nokia N97, yang ini bahkan sampai mati pun tak akan berhasil Anda temukan.

Nokia N97 China ini tak hanya ditemukan di pasar Indonesia, konon juga banyak beredar di Thailand dan Philipina meskipun tak diperoleh keterangan apakah dijual secara sembunyi-sembunyi, diselipkan di antara Nokia yang asli atau dijual secara terbuka.
 
Sementara di Indonesia yang masyarakatnya terkenal pandai memelintir kata-kata, Nokia China ini ditawarkan secara terang-terangan. Bukan dengan istilah Nokia Tiruan atau Nokia Imitasi,  melainkan Replika Nokia N97. Sekali ini penjualnya asal memberi istilah tanpa tahu apa definisi replika yang sebenarnya.

Tapi nampaknya tak jadi masalah, karena sebagian masyarakat kita juga suka menerima yang palsu-palsu. Misalnya sumpah palsu saat pengangkatan menjadi anggota DPR atau pejabat publik. Janji palsu yang sering diobral saat menjelang pemilu, sampai tabung gas Elpiji 3 Kg palsu yang sering meledak dan makan korban.
Sehingga begitu ada Replika Nokia N97 dari China, maka dianggapnya jauh lebih baik daripada yang palsu.

3 komentar:

MAKELAR CILIK mengatakan...

numpang tanya bos, apakah produk tiruan dapat dijejali OS original?

udin ukir galeri mengatakan...

idem deh sama admin,...kikikikik dijamin makan ati,..

ajun fahmi mengatakan...

numapang tanya bos.. dijejali OS apa yang cocok..??
dan bawaan yang pas dari asalnya apa..??

Poskan Komentar

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel