Nokia N97 Nokia 5800, Segmentasinya Berbeda

Minggu, 25 Juli 2010


Nokia N97 Nokia 5800 dalam penampilan fisiknya secara umum tidak memiliki perbedaan yang mencolok.  Seperti ukuran dan berat hand phone merk apa pun, saat ini  berlaku standar yang  bersifat universal,  berkisar  di antara 115 x 55 x15 mm. Ini berlaku setelah kehadiran Razr V3 phone milik Motorola sempat menguasai pasar telepon selular di sekitar tahun 2007.

Secara teknis, baik Nokia N97 maupun Nokia 5800 mungkin bisa didisain lebih kecil, tetapi semakin kecil justru akan menyulitkan pengguna untuk mengoperasikannya. Sehingga ada semacam batasan alamiah terhadap ukuran minimum agar sebuah hand phone bisa tetap nyaman dioperasikan.

Jika ukuran Nokia N97 sepanjang 117,2 mm, maka ukuran Nokia 5800 lebih pendek 6,2 mm,  yakni 111 mm. Tapi di sisi lain, Nokia N97 memiliki lebar 51,7 mm, sementara lebar Nokia 5800 berukuran 55,3 mm. Dalam dimensi ini Nokia N97 lebih kecil 3,6 mm. N97 juga lebih tipis dengan ukurannya 15,5 m  dibanding Nokia 5800 dengan ketebalan 17 mm. Disini Nokia 5800  “kalah” jika dimensi menjadi kriteria perbandingan antara kedua hand phone ini.

Bagi tangan orang  dewasa perbedaan ukuran yang hanya sedikit tidak mengakibatkan pengaruh yang berarti. Sehingga membandingkan dimensi sebagai satu-satunya keunggulan sebuah hand phone untuk saat ini sudah bukan jamannya lagi.

Bahkan membandingkan sesama Nokia, juga cenderung sia-sia. Karena dengan percepatan perkembangan aplikasi teknologi selular,  semua produsen hand phone sudah membagi produk mereka dengan seri yang berbeda disesuaikan segmentasi pasar.

Aplikasi yang tidak disertakan secara default, tapi disediakan di situs khusus untuk diunduh mana yang diperlukan, seperti Ovi Store mengindikasikan bahwa aplikasi-aplikasi yang ada juga terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Hal ini sekaligus mengindikasikan besarnya peranan pihak ketiga atau pengguna dalam percepatan perkembangan teknologi selular.

Jadi, Nokia N97 yang launching setahun lalu itu lebih sesuai untuk pengguna yang mengutamakan fungsi multimedia, terutama aktivitas yang berhubungan dengan internet. Hal ini terindikasi dengan harga Nokia N97 yang masih mampu bertahan meski sudah dirilis setahun lebih. Sementara Nokia 5800 akan  lebih nyaman untuk digunakan  oleh mereka yang menyukai musik. Sedangkan untuk fitur standar, tak hanya Nokia N97 atau Nokia 5800, hampir semua seri pada edisi terakhir nyaris memiliki kemampuan yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Phonestory

Dunia dan sejarah sudah terlanjur mengenal nama Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon yang pertama. Padahal telepon lebih dulu dipublikasikan oleh Antonio Meucci pada tahun 1854. Artinya, dua puluh dua tahun lebih awal sebelum kemunculan Graham Bell. Tetapi mengapa justru Alexander Graham Bell yang kemudian dikenal sebagai penemu telepon ?
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Masih tentang Nokia



Meskipun Nokia sudah mendaftar paten atas sistem pengisian daya tanpa charger yang konon kini sedang disempurnakan itu, kenyataannya pengguna Nokia masih memerlukan charger. Sampai pada tahap mana riset dan pengembangan yang dilakukan, orang juga tidak pernah membayangkan implementasinya kelak.
Sebelum memasuki era tersebut, tahukan Anda tentang keunikan dari beberapa Nokia Car Charger , diantaranya mungkin yang sedang Anda gunakan saat ini ?
Sebutlah Nokia 6350 Dual Car Charger Power dan Nokia 6301 Car Charger, keunikan dari keduanya adalah paling kompatibel sehingga nyaris bisa digunakan untuk berbagai model dan versi Nokia. Sebaliknya Nokia 5530 Car Charger hanya bisa digunakan untuk beberapa model dari Nokia sendiri, tetapi bisa digunakan untuk puluhan model dan versi dari merk-merk lain.
Sedangkan Nokia 2610 Car Charger mungkin yang paling unik, karena memiliki bentuk menyatu dengan dudukannya.


 
Copyright © HP atau Ponsel